Minggu, 5 Mei 2024

Kepengurusan KORMI Trenggalek 2023-2027 Resmi Dikukuhkan

Diunggah pada : 21 Maret 2023 11:27:52 150
Pengukuhan KORMI Kabupaten Trenggalek periode 2022-2026 oleh Ketua Umum KORMI Jawa Timur, Hudiyono di Aula Disdikpora Trenggalek, Selasa (21/3/2023)

Jatim Newsroom - Hari ini Selasa, 21 Maret 2023 kepengurusan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia atau KORMI Kabupaten Trenggalek periode 2022-2026 secara resmi dikukuhkan. Pengukuhan dipimpin Ketua Umum KORMI Jawa Timur, Hudiyono di Aula Disdikpora Trenggalek.

Hudiyono menjelaskan, KORMI adalah wadah bagi Olahraga Masyarakat yang telah diperkuat dengan Undang-undang No 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Dalam Bab V Ruang Lingkup Keolahragaan pada Pasal 17 B dijelaskan tentang Olahraga Masyarakat.

"Secara regulasi KORMI menjadi satu-satunya wadah Olahraga Masyarakat yang sah. Baik kepengurusan dari pusat, provinsi dan kabupaten atau kota sudah terbentuk. Kami mengapresiasi Kabupaten Trenggalek yang hari ini sudah terbentuk dan memiliki kepengurusan KORMI," kata pria yang akrab disapa Cak Hud tersebut.

Ia meminta setelah dikukuhkan, Pengurus KORMI Trenggalek agar langsung bergerak menjalankan program. "Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat menjadi tugas KORMI. Langsung tancap gas. Memperbanyak event olahraga masyarakat di lapangan, di Alun-alun baik olahraga kebugaran hingga olahraga tradisional," imbaunya.

Dengan memperbanyak event Olahraga Masyarakat, diyakininya mampu mendatangkan banyak orang yang berdampak bertumbuhnya perekonomian di masyarakat melalui sektor UMKM.

"Kalau di Alun-alun ramai ada senam misalnya, maka akan ada banyak pengunjung dan pedagang UMKM yang berjualan. Ini sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan ekonomi," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Cak Hud juga menyampaikan agenda KORMI Jawa Timur terdekat. Pertama event Festival Olahraga Masyarakat Daerah (Forda) Jawa Timur yang pertama kali dan akan digelar di Kota Malang tanggal 27-30 Mei 2023. Diikuti 31 Cabang Organisasi Olahraga Masyarakat. Selanjutnya mengikuti Festival Olahraga Masyarakat Nasional atau Fornas ke-7 di Jawa Barat tanggal 1-7 Juli 2023.

Saat ini, total sudah ada 19 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur yang telah terbentuk KORMI. Diantaranya, Surabaya, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Kota Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Malang, Pasuruan, Member, Lumajang, Tulungagung, Trenggalek, Pamekasan, Sumenep, Pacitan dan Bondowoso. Tiga kabupaten/kota yang menunggu proses pelantikan, yakni Kota Madiun, Kota Pasuruan dan Probolinggo.

Sedangkan 16 kabupaten dan kota di Jatim yang masih belum membentuk KORMI adalah Kota Probolinggo, Kota Mojokerto, Banyuwangi, Blitar, Madiun, Tuban, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Kediri, Lamongan, Gresik, Bangkalan Sampang, Situbondo dan Bojonegoro. (fri/n)

#KORMI Trenggalek

Berita Terkait