Sabtu, 4 Mei 2024

Kepala Bappeda Jatim Sampaikan 5 Pilar Pembangunan Kependudukan

Diunggah pada : 31 Juli 2023 13:41:21 231
Pembahasan publikasi statistik fertilitas, mortalitas, dan proyeksi penduduk 2020-2035 Provinsi Jawa Timur, di Surabaya, Senin (31/7/2023). Foto: Aldick/JNR

Jatim Newsroom – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Timur, Mohammad Yasin, memaparkan 5 (lima) pilar pembangunan di bidang kependudukan. 

Pertama, pengendalian kuantitas penduduk. Kedua, peningkatan kualitas penduduk. Ketiga, pembangunan keluarga berkualitas. Keempat, penataan persebaran dan pengarahan mobilitas penduduk. Kelima, penataan data dan informasi kependudukan serta administrasi kependudukan. 

“5 pilar ini yang akan kita review sebagai grand design pembangunan di bidang kependudukan kita,” ujarnya saat menjadi pembicara kunci dalam kegiatan pembahasan publikasi statistik fertilitas, mortalitas, dan proyeksi penduduk 2020-2035 Provinsi Jawa Timur yang digelar Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim), di Surabaya, Senin (31/7/2023). 

Yasin menggarisbawahi tentang tantangan kependudukan dan pembangunan di Jatim. Menurutnya, data kependudukan merupakan hal yang sangat dasar dan penting karena objek pembangunan menuju Indonesia Emas 2045 adalah sumber daya manusia (SDM). 

Di hadapan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, perguruan tinggi, organisasi kependudukan, dan BPS kabupaten/kota se-Jatim yang hadir, Ia pun menerangkan tentang Indeks Pembangunan Manusia (IPM), demografi dari sisi gender dan generasi, kemiskinan ekstrem, hingga tingkat pengangguran terbuka di Jawa Timur. (idc/s)

#bappeda jatim #BPS Jatim #kependudukan