Jumat, 24 Mei 2024

Kapolda Jatim Ucapkan Permohonan Maaf Atas Tragedi Kanjuruhan

Diunggah pada : 4 Oktober 2022 20:53:27 109
Dok. Humas Polda Jatim untuk JNR Kominfo Jatim

Jatim Newsroom - Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta menyampaikan permohonan maaf kepada para korban tragedi Kanjuruhan. Hal itu disampaikannya langsung saat mengunjungi korban yang dirawat di RS Saiful Anwar Kota Malang, Selasa (4/9/2022).

Nico hadir bersama Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak, dan Ketua PWNU KH Marzuqi Mustamar serta Direktur Rumah Sakit Saiful Anwar Malang dr Kohar.

Ia melihat langsung bagaimana proses perawatan medis terhadap pasien-pasien yang saat ini masih dirawat. Ia menyampaikan, dari jajaran Polda Jawa Timur bersama-sama dengan tim Mabes Polri melakukan upaya pengidentifikasian korban semaksimal mungkin. Selain itu, pihaknya juga fokus membantu korban yang luka mendapatkan perawatan terbaik.

"Jadi ada 125 korban yang meninggal dunia dan ada korban yang dirawat di RS. Bapak Kapolri memberikan perhatian secara khusus kepada seluruh korban yang meninggal dunia maupun yang sedang dirawat dengan memberikan bantuan perawatan kepada setiap korban. Kami serahkan kepada keluarganya masing-masing," jelasnya.

Lebih lanjut Kapolda juga menyampaikan, pihaknya telah melakukan proses koordinasi dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota Malang, terkait dengan perbaikan sarana prasarana maupun kendaraan yang rusak. 

"Selanjutnya kami juga akan melakukan proses penegakan hukum kepada siapa saja yang bersalah setelah proses kemanusiaan ini selesai. Apa lagi untuk anggota yang bersalah, kemarin sudah diumumkan Pak Kadiv Humas dan tentunya proses ini sedang berjalan," ujarnya.

"Saya selaku Kapolda ikut prihatin dan turut menyesal sekaligus minta maaf di dalam proses pengamanan yang sedang berjalan ada kekurangan kedepan. Kami akan mengevaluasi bersama-sama dengan panitia pelaksana, kemudian dengan Presiden Liga dan PSSI, sehingga harapannya pertandingan sepak bola kedepan lebih aman, nyaman dan bisa menggerakkan ekonomi," tandasnya.

Selain itu, Kapolda Jatim memohon doa agar semua permasalahan ini bisa diselesaikan bersama-sama. "Ini kota kita, ini tempat kita bersama, satu rumah ada permasalahan saya yakin bisa diselesaikan oleh orang yang tinggal di rumah tersebut. Kita semua bersaudara, langkah-langkah ini pasti membawa hal yang positif," harapnya.

"Terima kasih untuk seluruh dokter yang sudah bekerja, Terima kasih Pak Wagub mewakili Pemprov koordinasi yang sangat baik. Terima kasih untuk seluruh Aremania yang sudah bekerja sama, tolong jaga kota ini tolong jaga provinsi ini, ini milik kita," pungkasnya. (sug/s)

#Polda Jatim #tragedi Kanjuruhan Malang