Rabu, 22 Mei 2024

Kab Pasuruan Kembali Raih Penghargaan dari Tribun Network

Diunggah pada : 18 November 2022 12:17:01 80
Istimemewa

Jatim Newsroom – Kabupaten Pasuruan kembali meraih penghargaan dari Tribun Network  atas capaian kinerja pada kategori Daerah Dengan Realisasi Investasi Tertinggi di Jawa Timur di Hotel Kokoon Banyuwangi, yang dilaksanakan pada hari Kamis (17/11/2022) malam.

Dalam rangkaian acara Talkshow  Akselerasi Pemulihan Ekonomi di Kawasan Timur Jawa Timur secara hybrid  tersebut, penghargaan diserahterimakan dari CEO Tribun Network, Dahlan Dahi kepada Wakil Bupati Mujib Imron yang hadir bersama beberapa Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Wabub mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan mengoptimalkan langkah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dampak pandemi, diantaranya  dengan memacu peningkatan kinerja sektor industri.

“Kami Pemkab Pasuruan terus memacu peningkatan industri untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dampak pandemi. Jika sebelumnya sempat terkontraksi 2,03 persen, pertumbuhan ekonomi di tahun 2021 akhirnya sudah kembali melesat 4,34 persen. Terutama industri pengolahan yang memberikan kontribusi PDRB sampai 60,25 persen. Konstruksi memberikan 11 koma sekian persen. Perdagangan besar, eceran sampai reparasi mobil dan motor ada sekitar 6 persen. Pertanian juga ikut andil memberikan kontribusi,” jelas Wabub.

“ Pemerintah Kabupaten Pasuruan juga kian intens memacu penyediaan lahan dalam upaya peningkatan investor baru. Terutama di kawasan timur. Seperti Rejoso, Lekok, Grati dan Nguling. Harapannya, ada pemerataan ekonomi antara kawasan barat dan timur. Sehingga kondisi tersebut dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pasuruan secara keseluruhan, “ tambah Wabub.

“Sedangkan untuk menarik investor, Pemkab Pasuruan menyediakan 1.000 hektar lahan, lengkap dengan menyiapkan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)-nya,  tujuannya mengurangi kesenjangan antara wilayah barat dan timur,” ujarnya.

Wabub juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pasuruan menjamin kondisi stabilitas dan keamanan di seluruh wilayah yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan iklim usaha baru serta menyiapkan beragam kebutuhan operasional bagi para investor yang akan mendirikan usahanya. Air baku untuk perusahaan sangat cukup, gas dan pasokan listrik juga sangat cukup. Dan stabilitas sinergi kolaborasi dengan Forkopimda yang juga harus tetap terjaga.

Pemkab Pasuruan mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi melalui bermacam program pembangunan yang selama ini dikenal dengan jargon-jargon populisnya. Sebut saja gerakan Ayo Belonjo Nang Tonggo (Yuk Nonggo) dan Perempuan Wirausaha (Perwira)

“Kami akan terus tingkatkan dengan inovasi, kreasi dan kolaborasi. Untuk itu, Pak Bupati dan saya selalu berbagi tugas untuk membuat keramaian yang bisa menggerakkan perekonomian,” ucap Wabub. (yan/n)

#kabupaten pasuruan