Selasa, 7 Mei 2024

Jumlah Peserta Cabor Selam di Porprov Jatim VIII/2023 Naik 10-15%

Diunggah pada : 13 September 2023 13:07:12 129
Cabor Selam Porprov Jatim VIII/2023, di Kabupaten Jombang. Foto: Ridho/JNR

Jatim Newsroom – Partisipasi peserta cabang olahraga (cabor) Selam di Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII/2023 meningkat hingga 10-15%. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Umum Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia Jawa Timur (POSSI Jatim), Andy Lukito.

“Kalau kita lihat jumlah peserta di luar dugaan, hampir mendekati 400 atau 300 lebih. Jadi surprise bagi kami untuk jumlah peserta seperti itu. Peningkatannya sampai 10-15% dibandingkan jumlah peserta di Porprov Jatim sebelumnya. Maka, dengan jumlah yang semakin banyak itulah, kalau dulu kita laksanakan 3 hari, tahun ini 3,5 hari,” ungkapnya. 

POSSI Jatim juga menambah nomor pertandingan dalam kejuaraan Porprov Jatim tahun ini. Sebanyak 32 nomor akan dilombakan, yaitu 14 nomor untuk putra, 14 nomor untuk putri, dan 4 nomor untuk campuran. Para atlet akan memperebutkan 32 medali emas, 32 medali perak, 32 medali perunggu. Adapun jumlah kepingnya sebanyak 102 keping medali emas, 102 keping medali perak, dan 102 keping medali perunggu. 

“Kami mengharapkan seluruh daerah itu pemerataan, supaya tidak terjadi dominasi juara di satu daerah. Nomor kita perbanyak supaya daerah-daerah punya pilihan nomor-nomor sehingga mereka juga bisa mendapatkan medali dan daerah-daerah tertentu juga bisa mengurangi dominasinya. Ini bisa menjadi rangsangan untuk membina selam daerah semakin meningkat,” tuturnya. 

Ketika ditanya mengenai kontingen yang berpotensi mencetak juara, Andy menyebut beberapa daerah. “Nganjuk itu di Kejurda Kejurnas sudah mulai muncul, yang biasanya mereka medali sedikit, tapi sepertinya juga akan muncul. Lalu Kabupaten Malang bisa untuk membuat kejutan dan juga Kabupaten Sidoarjo,” ungkapnya. (jrm/idc/s)

#PORPROV Jatim #olahraga #Jombang #Porprov Jatim VIII/2023 #selam