Sabtu, 2 Maret 2024

Jelang Superclasico, Tim Brasil U - 17 Tak Terpengaruh Hasil Buruk di Maracana

Diunggah pada : 24 November 2023 13:17:40 76
Pelatih Brasil U-17 Phelipe Leal

Jatim NewsroomBrasil U-17 menjadi tim kedua tersukses di Piala Dunia U-17 2023. Mereka berada satu level dengan Nigeria U-17 yang telah lima kali memenangkan gelar juara dunia di turnamen ini. 

Lalu apakah Brasil U-17 akan menyamakan posisinya dengan Nigeria di Piala Dunia U-17 2023? Sebelum bisa menjawabnya, Brasil U-17 terlebih dahulu harus melewati laga Superclasico melawan Argentina U-17 untuk bisa mengamankan satu tempat di semifinal. Mereka pun fokus untuk pertandingan perempat final yang berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), Jumat (24/11/2023) pukul 19.00 WIB. 

Pelatih Brasil U-17 Phelipe Leal menegaskan saat ini fokus mereka adalah bagaimana membuat pemain nyaman. Ini mengingat pendeknya waktu pemulihan mereka dengan jarak pertandingan. "Yang terutama saat ini adalah bagaimana meningkatkan konsentrasi pemain dalam segala hal. Karena pertandingan ini bukan 90 menit, tetapi lebih dari itu. Setiap menit, pemain harus fokus agar bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dan mendapatkan hasil positif," kata Leal, dalam rilis media center Piala Dunia U-17. 

Bagi mereka, tidak ada hal yang bisa mengganggu fokus. Termasuk hasil buruk timnas senior Brasil di Maracana. Alisson Becker dkk dipaksa menyerah 1-0 oleh Argentina pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan. Hal itu, ditegaskan Leal tidak akan mempengaruhi pemainnya. "Fokus kami di sini, di Piala Dunia U-17. Tidak ada yang bisa menggesernya. Kami sama sekali tidak terpengaruh kekalahan timnas senior di Maracana," ujarnya. 

"Bisa hadir di Piala Dunia ini lagi saja sudah menjadi kebanggaan bagi kami. Apalagi kami memiliki peluang lolos ke empat besar. Sekarang momentum kami untuk melaju dan kami akan berusaha untuk memetik kemenangan," kata Leal menegaskan. 

Bertemu negara tetangga sendiri tentu bisa menjadi keuntungan maupun kebuntungan. Pasalnya, kedua tim sudah sering bertemu satu sama lain, apalagi dalam dua tahun belakangan ini, sehingga tahu di mana titik kekuatan dan kelemahan masing-masing. Meski begitu, Brasil menegaskan bahwa mereka tidak takut. Mereka ingin mengulangi hasil positif. Brasil yakin saat ini, dengan dukungan suporter mereka, Selecao bisa kembali mendapatkan kemenangan dan melaju ke fase gugur selanjutnya.  

"Kami sudah sering bertemu dalam dua tahun belakangan ini. Mereka adalah tim yang memiliki pemain dengan kualitas teknik yang bagus. Kami harus waspada dalam 90 menit permainan normal untuk bisa memanfaatkan kelemahan mereka untuk bisa menang," ucap Leal menambahkan. (mad/hjr)

#piala dunia U 17