Minggu, 19 Mei 2024

Jelang Idul Adha, Gresik Halal Center Resmi di Launching

Diunggah pada : 30 Mei 2022 14:15:21 135
foto: Dok. Diskominfo Gresik

Jatim Newsroom  - Wakil Bupati Gresik, Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd Launching Gresik Halal Center (GHC) dan buka pelatihan Juru Sembelih Halal Indonesia (Juleha) Kabupaten Gresik, Minggu (29/05/2022) bertempat di Kantor PC NU Gresik.

Seperti diberitakan di website Pemerintah Kabupaten Gresik, Turut hadir pada acara tersebut, Ketua Halal Center Jatim (HCJ) dr. Agus Susilo, Dewan Pakar Dr. Edi Purwanto, Direktur Gresik Halal Center (GHC) Abdul Malik beserta pengurus, Anggota DPRD Gresik A.M Syafi', Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Gresik, Moh. Qoyyim, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Gresik, Zainal Abidin beserta tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah atau yang akrab disapa Ning Min dalam sambutannya mengatakan, dengan semakin dekatnya hari raya idul adha, diharapkan launching Gresik Halal Center dan pelatihan Juru Sembelih ini akan menambah keilmuan tata cara penyembelihan yang baik dan Halal.

“Ini merupakan kesempatan bagi kita semua agar mendapat sertifikasi sebagai juru sembelih Halal dalam pengembangan halal produk pada industri pengolahan khususnya untuk pengolahan makanan di Kabupaten Gresik." pesannya.

Menurutnya, Pemkab Gresik sudah menyiapkan berbagai hal untuk mewujudkan Program Gresik Halal Center tersebut, salah satunya yang sudah digagas Bupati Gresik yang akan membuat Kawasan Industri Halal (KIH) di wilayah Sidayu sebagai proyek percontohan produk makanan dan minuman halal di Jawa Timur.

Ning Min menambahkan, dengan adanya Gresik Halal Center (GHC) beserta pelatihan ini dapat memberikan dukungan yang lain di Kabupaten Gresik, dan juga terhadap pengembangan Jawa Timur sebagai kawasan industri halal, termasuk di sektor makanan dan minuman (mamin) sesuai program Gubernur Jawa Timur.

"Mudah-mudahan dengan dikukuhkannya Juleha ini, Pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban baik yang besar atau yang kecil dapat terlaksana dengan tuntunan syariat Islam dan teroganisir secara baik." tutup Wabup Ning Min. (ghf/hjr)

#gresik #idul adha #hewan qurban