Selasa, 23 Juli 2024

Jatim Hadiri Kolaborasi Sistem Statistik Nasional 2024 di Bali

Diunggah pada : 10 Juli 2024 15:31:40 62
Diskusi Panel dalam Kolaborasi Sistem Statistik Nasional, di Bali, Rabu (10/7/2024).

Jatim Newsroom - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, (Kadis kominfo Jatim), Sherlita Ratna Dewi Agustin dan Kepala Badan Pusat Statistik (Kepala BPS) Provinsi Jawa Timur, Zulkipli menghadiri Kolaborasi Sistem Statistik Nasional 2024 yang diinisiasi BPS Indonesia 10-11 Juli 2024 di Bali.

"Kolaborasi bukan hanya jargon. BPS siap melaksanakannya dengan kementerian, lembaga, dan Pemda. Ini untuk memperkuat Sistem Statistik Nasional dan menghasilkan Statistik Resmi Negara yang objektif, independen, berkualitas, dan terpercaya," ujar Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik, BPS, Imam Machdi membuka acara, Rabu (10/7/2024).

Direktur Diseminasi Statistik BPS, Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami menerangkan tujuan Kolaborasi Sistem Statistik Nasional ini. Pertama, meningkatkan pemahaman tentang pentingnya penyelenggaraan statistik sektoral yang berkualitas di level pengambil kebijakan  pemerintah daerah.

Kedua, meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antara BPS dengan walidata pemerintah daerah. "Ketiga, mendorong penguatan kelembagaan dalam penyelenggaraan statistik sektoral di tingkat pemerintah daerah," ujarnya.

Bersama provinsi lainnya, Kepala Dinas Kominfo Jatim dan Kepala BPS Jatim turut menandatangani Komitmen Bersama terkait Penyediaan Data Statistik Sektoral yang Berkualitas. Adapun diskusi Panel membahas tentang pemanfaatan statistik sektoral, tata kelola data berbasis arsitektur SPBE, penerapan interoperabilitas data statistik, hingga penyelenggaraan satu data.

Hadir 243 peserta yang terdiri dari pejabat BPS Indonesia, Kepala BPS Provinsi, Kepala Dinas Kominfo Provinsi, Koordinator Pembinaan Statistik Sektoral BPS Provinsi, dll. (idc/hjr)




#statistik #badan pusat statistik #sistem statistik nasional