Senin, 6 Mei 2024

Jatim Cerdas. Gubernur Khofifah Raih Penghargaan DetikJatim Awards 2023

Diunggah pada : 27 November 2023 18:11:47 113
Gubernur Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan dari DetikJatim. (Her)

Jatim Newsroom – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berhasil meraih penghargaan dari Detikjatim Awards 2023. Dimana anugerah ini diberikan selama kepemimpinan Gubernur Khofifah dinilai sukses meningkatkan kualitas pendidikan melalui program Jatim Cerdas.

“Terima kasih kepada detikcom dan DetikJatim yang terus mengawal program Pemprov Jatim di sektor pendidikan, ekonomi dan seterusnya. Sinergi bersama media ini bagian penting untuk kinerja pemerintah sehingga bisa disampaikan ke masyarakat,”kata Gubernur Khofifah saat menerima penghargaan di Singhosari resort Batu, Senin (27/11/2023).

Dikatakannya, capaian lainnya dari Jatim Cerdas terbukti melalui peningkatan IPM pada 2022 di mana angka IPM mencapai 72,75 atau naik sebesar 0,61 poin dari tahun sebelumnya. Tingkat pengangguran Provinsi Jawa Timur juga mengalami penurunan berkat adanya program Jatim Cerdas ini. Terhitung dalam 3 tahun terakhir tepatnya sejak 2020, angka pengangguran untuk jenjang SMK Jatim menurun dari 11,8 persen menjadi 6,70 persen di tahun 2022.

“Saya ingin menyampaikan bahwa dari daerah bisa mengukir prestasi luar biasa, karena banyak sekali negara-negara di dunia, termasuk Indonesia sekarang sebetulnya sedang kalah bagaimana membangun kedaulatan pangan, tapi soal kedaulatan pangan di Indonesia dari tahun 2020 Jawa Timur juara satunya,”kata Gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Dalam kesempatan itu Gubernur Khofifah menyampaikan, kemiskinan ekstrem di Jatim mengalami penurunan hingga angkanya nyaris nol. Khofifah bersyukur atas capaian ini. "Kalau ada kemiskinan ekstrem yang turunnya paling ekstrem adalah provinsi Jawa Timur. Jadi sekarang kemiskinan ekstrem di Jawa timur 0,82 persen dan peta per September keluar, jauh sudah hampir 0 persen kemiskinan ekstrem di Jawa timur. Ini karena kerja sama seluruh pihak," ungkap.

Khofifah juga bersyukur Jatim menjadi daerah dengan desa mandiri terbanyak. "Kalau ada desa mandiri peningkatannya paling ekstrem, ada di Jatim. Desa mandiri paling banyak ada di Jawa timur 24,4 persen,"pungkasnya.

Diketahui, detikJatim Awards 2023 merupakan apresiasi untuk lebih dari 30 institusi, entitas bisnis, tokoh teladan, hingga komunitas. Penghargaan diberikan kepada mereka yang inspiratif, inovatif, kreatif, dan berprestasi, maupun memberikan dampak kepada masyarakat di Jawa Timur. (Pca/hjr)

 

#Khofifah Indar Parawansa #gubernur khofifah #gubernur jatim