Sabtu, 3 Desember 2022

Jatim 2021, Pemuda Laki-laki Bekerja Lebih Banyak Dibanding Perempuan

Diunggah pada : 20 Juli 2022 10:52:13 88
Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Berdasarkan hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) tahun 2021, menurut jenis kelamin, persentase pemuda laki-laki yang bekerja jauh lebih banyak dibandingkan pemuda perempuan yang bekerja (64,53 persen berbanding 43,39 persen). 

Hal ini tidak lepas dari budaya umum masyarakat bahwa yang bekerja adalah laki-laki, sementara perempuan sebaiknya cukup di rumah mengurus rumah tangga. Ini terlihat pada persentase pemuda perempuan melakukan kegiatan mengurus rumah tangga jauh lebih banyak dibandingkan pemuda laki-laki (29,21 persen berbanding 2,21 persen).

Sakernas 2021 juga mencatat, lebih dari separuh pemuda Jawa Timur melakukan kegiatan bekerja selama seminggu yang lalu atau seminggu terakhir, yaitu sebesar 53,96 persen.

Angka tersebut tercatat dalam Laporan Statistik Pemuda Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 yang dipublikasikan di laman resmi Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim), Juli 2022. 

Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan mengatakan bahwa berdasarkan tipe daerah, persentase pemuda di perkotaan yang bekerja selama seminggu yang lalu atau seminggu terakhir lebih tinggi dibandingkan pemuda di perdesaan (54,33 persen berbanding 53,48 persen). 

Nilai tersebut antara lain merupakan salah satu konsekuensi dari masih tingginya angka kemiskinan serta lebih rendahnya capaian pendidikan di perdesaan. Angka partisipasi sekolah yang rendah dan tingginya angka putus sekolah di perdesaan juga mendorong pemuda perdesaan untuk masuk ke dalam pasar kerja lebih dini. 

"Angka kemiskinan yang tinggi juga memaksa pemuda di perdesaan untuk memilih antara bersekolah atau bekerja, atau antara melanjutkan sekolah atau berumahtangga," ujar Dadang. 

Gambaran tersebut terlihat dari lebih rendahnya persentase pemuda di perdesaan yang bersekolah dibandingkan di perkotaan (16,04 persen berbanding 19,68 persen). Serta lebih tingginya persentase pemuda di perdesaan yang mengurus rumah tangga dibandingkan pemuda di perkotaan (19,11 persen berbanding 13,13 persen). (idc/n)

 

#Ketenagakerjaan #BPS Jatim #pemuda