Sabtu, 3 Desember 2022

Jamaah Haji Diingatkan Isi Tas Sesuai Aturan Penerbangan

Diunggah pada : 4 Juni 2022 21:08:50 830
Calon Jamaah Haji sedang mendapatkan penjelasan dari PPIH di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Jatim Newsroom - Seluruh Calon Jamaah Haji diingatkan untuk memperhatikan isi barang bawaan baik yang ditaruh di koper, tas tenteng dan tas paspor. Sesuai dengan aturan penerbangan, ada beberapa barang yang boleh dan tidak boleh ada dalam bagasi maupun kabin pesawat. Oleh karena itu, sebelum keberangkatan menuju Bandara Juanda, tas tenteng dan tas pasport jemaah harus melalui proses pemeriksaan x-ray yang disediakan di Asrama Haji.

Dalam rilis PPIH Embarkasi Surabaya, Kakanwil Kemenag Jawa Timur yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji, Husnul Maram menjelaskan, pada pemberangkatan jamaah haji kloter 1 hari ini, Sabtu (4/6/2022) pukul 05.00 WIB, petugas masih menemukan beberapa barang yang tidak diperbolehkan dibawa dalam penerbangan, diantara aturan penerbangan adalah tidak boleh membawa alat tajam, dan cairan, aerosol, ataupun gel melebihi 100 ml

Dijelaskan, dari kloter pertama itu masih ada dalam tas tenteng jamaah yang berisi gunting, silet, handbodi, pasta gigi, shampo, madu dan sejenisnya melebihi 100 ml.

"Kami himbau kembali, kepada para tamu Allah yang akan berangkat, tolong barang-barang cair, gel yang dibawa jangan lebih dari 100 ml. karena tidak boleh dibawa dalam penerbangan," pesan Kakanwil.

Ditekankan juga dengan isi koper, bagi jamaah tidak memasukkan barang-barang yang tidak diperbolehkan seperti bahan yang mudah meledak, senjata tajam, serta barang lain secara berlebihan. Jika didapatkan barang - barang tersebut selanjutnya diserahkan kepada petugas haji daerah, dan dapat diambil oleh pemilik sekembalinya dari tanah suci pada Kantor Kemenag Kabupaten Kota setempat.

"Terkait aturan bawaan ini, Kemenag telah berulang kali mensosialisasikan hal tersebut kepada jamaah, baik melalui manasik haji, maupun media massa dan elektronik yang ada" ungkapnya. (pno/n)

#PPIH Embarkasi Surabaya

Berita Terkait