Senin, 15 Juli 2024

Inspektorat dan Stranas PK Gelar Rakor Penguatan Peran APIP se- Jatim

Diunggah pada : 12 Juni 2024 21:19:09 68
Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Peran Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Se-Provinsi Jawa Timur di Kantor Inspektorat Provinsi Jawa Timur, Sidoarjo pada Rabu (12/6/24). Foto ; Meilani

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Inspektorat Provinsi Jawa Timur yang bekerja sama dengan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK), menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Peran Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Se-Provinsi Jawa Timur di Kantor Inspektorat Provinsi Jawa Timur, Sidoarjo pada Rabu (12/6/24).

Rakor ini dibuka oleh Hendro Gunawan, Inspektur Provinsi Jawa Timur dan dihadiri oleh Perwakilan dari Stranas PK serta Perwakilan Inspektorat dari 38 Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur.

Bimo Gunung dari Stranas PK selaku narasumber dalam rakor ini mengatakan salah satu upaya yang dilakukan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi adalah perlu adanya penguatan pengawasan internal pemerintah, harapannya APIP menjadi lebih objektifitas dan independen.

Upaya untuk menjada agara APIP lebih independen dan objektif melalui penguatan kuantitas dan kualitas APIP beserta anggarannya.

Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Peran Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Se-Provinsi Jawa Timur di Kantor Inspektorat Provinsi Jawa Timur, Sidoarjo pada Rabu (12/6/24). Foto ; Meilani

Sebagai tambahan informasi, hasil dari rencana aksi yang telah dilakukan oleh Stranas PK ada tiga fokus. Pertama, fokus perijinan dan tata niaga, yaitu melalui penyelesaian tumpeng tindih pemanfaatan ruang melalui pendekatan kebijakan satu peta dan peningkatan kualitas data pemilik manfaat serta pemanfaatan untuk perizinan, pengadaan barang/jasa dan penanganan perkara.

Kedua, fokus keuangan negara, yaitu integrasi perencanaan, penganggaran dan pelaporan untuk sinergi program pengantasan kemiskinan ekstrim 2023 dan 2024 serta perbaikan kinerja belanja Pembangunan melalui peningkatan efektivitas audit pengadaan barang/jasa pemerintah.

Ketiga, fokus penegakan hukum reformasi birokrasi, yaitu penguatan peran APIP dalam pengawasan pembanguna dan penguatan integritas penanganan perkara pidana. (mei/vin/hjr)

#pemprov jatim #Inspektorat Jatim #APIP