Kamis, 2 Mei 2024

Inovasi Ombak Si Petra Lamongan Raih Penghargaan KOVABLIK

Diunggah pada : 23 November 2023 19:09:36 37
Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan, Moh. Nalikan menerima penghargaan KOVABLIK atas inovasi Ombak Si Petra, di Kota Batu, Kamis (23/11/2023). Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Inovasi Olahan Limbah untuk Usaha Ternak dan Asuransi Sapi Peternak Sejahtera (Ombak Si Petra) yang digagas oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan meraih penghargaan Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) Provinsi Jawa Timur tahun 2023.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan, Moh. Nalikan, menerima secara langsung penghargaan yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, di Halaman Jatim Park 3 Kota Batu, Kamis (23/11/2023). Ia mengungkapkan inovasi tersebut merupakan gabungan sektor peternakan dengan pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan peternak dan petani di Kabupaten Lamongan. 

“Alhamdulillah hari ini saya mewakili Kabupaten Lamongan menerima penghargaan Top 30 KOVABLIK dari Pemprov Jawa Timur tahun 2023 atas Ombak Si Petra inovasi dari dinas peternakan dan kesehatan. Sebenarnya ini merupakan kombinasi dua sektor antara peternakan dengan pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan bagi petani dan peternak di Kabupaten Lamongan,” kata Nalikan melalui rilis humas Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Dengan adanya inovasi ombak si petra, kondisi unsur bahan organik tanah yang saat ini kondisinya sudah mulai mengkhawatirkan, dapat berangsur-angsur dikembalikan kesuburan tanahnya melalui peningkatan kadar kesuburan tanah dengan pemberian pupuk organik hasil olahan pupuk kotoran hewan. “Ombak Si Petra ini dapat memberikan kebermanfaatan, dari kotoran ternak dapat di buat pupuk, hasil pertanian atau sampah pertaniannya bisa dijadikan pakan ternak,” tambah Nalikan.

Berdasarkan data dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Labupaten Lamongan, sebanyak 29 kelompok telah menerima bantuan sarpras pengolahan pupuk organik, yang tersebar di beberapa kecamatan mulai dari Kecamatan Laren (1), Sukodadi (1), Solokuro (1), Paciran (1), Mantup (6), Modo (1), Sugio (1), Tikung (3), Sambeng (5), Kedungpring (1), Maduran (1), Bluluk (1), Brondong (1), Kembangbahu (2), hingga Ngimbang (2).

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, dalam sambutannya mengungkapkan, saat ini terjadi perubahan pandangan terhadap pemaknaan birokrasi. Dulu, birokrasi dianggap sebagai solusi pelayanan publik. Seiring berjalannya waktu birokrasi dianggap sebagai penghambat. Namun, dengan adanya inovasi, paradigma tersebut berubah, birokrasi ada karena menjadi solusi masyarakat berdasarkan tematik tertentu.

“Salah satu kata kunci untuk mengubah birokrasi menuju solusi adalah inovasi. Birokrasi yang mendorong inovasi itu akan menghasilkan solusi. Tapi kalau birokrasi yang kemudian stagnan, tidak akan menghasilkan solusi,” tutur Wagub Emil. 

Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Kurniawan Hery Putranto dalam laporannya mengatakan, terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas guna peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan salah satu dari perubahan reformasi birokrasi (RB). 

“Terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas di mana peningkatan kualitas pelayanan publik, ini merupakan salah satu area dari 8 area perubahan pada reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi merupakan upaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih efektif dan efisien guna mencapai good governance,” katanya. (idc/s)

#lamongan #Inovasi Pelayanan Publik #KOVABLIK #Ombak Si Petra