Rabu, 19 Juni 2024

Indonesia Basketball Festival 2022 Berlanjut di Surabaya

Diunggah pada : 18 Mei 2022 16:34:25 1299

Jatim Newsroom - Perjalanan Indonesia Basketball Festival (IBF) berlanjut ke Surabaya. Setelah menyelesaikan tiga series awal di Mimika, Bali, dan Yogyakarta, IBF akan menggelar pertandingan di Kota Pahlawan pada 18-22 Mei di GOR Pancasila.

Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup Indonesia 2022, Junas Miradiarsyah dalam keterangannya, Rabu (18/5/2022) mengatakan, sebanyak delapan tim putra ambil bagian dalam series ini. Sementara di bagian putri, ada enam tim yang berpartisipasi.

Para peserta bermaterikan pemain kelompok usia 19 hingga 22 tahun yang berasal dari Kota Surabaya dan Malang. Ajang ini merupakan bagian dari pergelaran IBF di lima kota berbeda di Indonesia dan rangkaian event menyambut penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022 yang bakal bergulir pada 12-24 Juli 2022 di Jakarta. IBF diharapkan meningkatkan antusiasme masyarakat kepada olahraga bola basket serta menyemarakkan FIBA Asia Cup 2022.

Seperti tiga series sebelumnya, juara putra dan putri IBF Surabaya Series akan berangkat mewakili Kota Pahlawan pada IBF Championship Series yang akan digelar di Jakarta. IBF Surabaya Series tidak sekadar menggelar pertandingan basket. Sepanjang penyisihan hingga final, panitia penyelenggara akan menggelar festival yang akan dilaksanakan di seputar GOR Pancasila. Ada stan UMKM Lokal dan penampilan live music yang menghiasi turnamen. Ada banyak promo juga di IBF Surabaya Series dari para sponsor event ini, yakni Mandiri, Telkomsel, dan Indihome. 

Menurut Junas, ajang IBF Surabaya Series menarik animo pencinta basket setempat. Sebab, kompetisi basket sempat vakum di seluruh daerah Indonesia, termasuk Surabaya, akibat pandemi Covid-19 sebelum belakangan bergulir kembali. IBF Surabaya Series diharapkan ikut berkontribusi menggairahkan kompetisi basket di Kota Pahlawan dan sekitarnya.

Ajang ini juga bisa menjadi kesempatan bagi para pemain muda Surabaya dan Malang unjuk kemampuan karena seluruh pertandingan disiarkan lewat live streaming dan bisa disaksikan seluruh Indonesia."Banyak pebasket nasional kita dari masa lau berasal dari Surabaya dan Malang. Semoga di IBF Surabaya Series ini bakat-bakat baru di bola basket juga menunjukkan kebolehannya," kata Junas, Rabu (18/5/2022)

Junas berharap IBF Surabaya Series berlangsung lancar dan sukses. Apalagi selain menggelar pertandingan, IBF Surabaya Series juga mengakomodasi UMKM lokal untuk memperkenalkan dan menjajakan produknya. Juara kelompok putra dan putri di Surabaya Series akan bergabung dengan para pemenang di tiga series sebelumnya untuk bertanding di Championship Series Jakarta. 

Dari Mimika Series, tim Tsunami juara di kelompok putri dan Wolfe Sorong berjaya di kelompok putra. Di Bali Series, tim Spartan memborong gelar juara di kelompok putri dan putra. Sementara di Jogja Series, Special Force menjuarai kelompok putra dan Diponegoro menjadi pemenang di putri. Untuk info lebih detail mengenai Indonesia Basketball Festival (IBF) bisa mengikuti Instagram @indonesiabasketballfestival,"ujar Junas. (Hen/hjr)

#Basketball

Berita Terkait

44 Tim Ikuti Bupati Cup Basketball Competition 2024
Bupati Lamongan : Upaya Cetak Generasi B...
11 Juni 2024
thumb