Selasa, 21 Mei 2024

IKM Kupu Sutera Wakili Kab Pasuruan pada Rangkaian Presidensi G20 Tahun 2022

Diunggah pada : 11 November 2022 16:02:05 47
istimewa

Jatim Newsroom -  Sebagai wujud apresiasi terhadap kiprah Industri Kecil Menengah (IKM) Kupu Sutera yang mewakili Kabupaten Pasuruan dalam pameran B20 Spouse Program, - pameran khusus forum bisnis internasional antar negara peserta G20,  Bupati Irsyad Yusuf mengundang khusus pegiatnya di Gedung Pringgitan, Pendopo Kabupaten Pasuruan.

Adalah Arianto Nugroho, pegiat IKM Kupu Sutera, warga Desa Sentul Kecamatan Purwodadi yang terpilih menampilkan produk-produk istimewanya di rangkaian Presidensi G20 Indonesia 2022. Arianto akan menampilkan beragam produk hasil karyanya dalam event eksibisi prestisius berskala internasional yang akan digelar di Taman Ayun Temple, Badung Bali pada hari Minggu (13/11/2022) mendatang.

“Jadi ini Pak Arianto dari Kupu Sutera ini pegiat IKM unggulan Kabupaten Pasuruan yang banyak sekali mendapatkan apresiasi dari manapun. Produk-produknya berbahan baku dari ulat sutra.  Kabupaten Pasuruan patut berbangga, karena IKM binaan kita yang diwakili Pak Arianto akan mewakili dalam pameran skala internasional,” ucap Bupati.

Bupati merasa bangga atas prestasi dan peluang yang diperoleh IKM Kupu Sutera di forum internasional, hal ini sekaligus mendorong agar ke depannya lebih maju dan mampu menjadi pelopor bagi IKM lainnya.

“Kita bersyukur, saya Bupati Pasuruan merasa bangga karena IKM putra daerah ini menjadi salah satu peserta dan untuk meramaikan kegiatan G20 di Bali. Untuk itu, saya berharap, Pak Arianto nanti bisa  tampil membanggakan membawa nama harum  Kabupaten Pasuruan. Sukses selalu untuk Pak Arianto,” tandas Bupati didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Diano Vela Fery.

Sementara itu, Arianto mengatakan, usaha yang ditekuninya tersebut bersifat pemberdayaan masyarakat sekitar tempat tinggalnya. Awalnya, produk kriya yang dihasilkan  berupa kain sutera.

“Jadi kami membina petani di Kabupaten Pasuruan. Bahan baku yang kami gunakan memang benar-benar mengandalkan sutra lokal. Sekarang yang jadi produk unggulan, sepatu dari sutra yang khas dan berkualitas. Pewarnaannya menggunakan bahan baku alam. Ada yang menggunakan kayu Secang untuk warna merah pada sepatu,” ujarnya. (yan/n)

 

#kabupaten pasuruan