Selasa, 21 Mei 2024

HUT Jatim ke-78, Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Renungkan Filosofi Jer Basuki Mawa Beya

Diunggah pada : 12 Oktober 2023 3:16:11 28
Gubernur Khofifah memberikan penganugerahan penghargaan lencana Jer Basuki Mawa Beya Kategori Emas kepada sejumlah tokoh di Jawa Timur Foto : Hendry

Jatim Newsroom- Dengan semangat Jatim Bangkit Terus Melaju, Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat merenungkan kembali filosofi Jer Basuki Mawa Beya yang tertera di lambang kebanggaan Provinsi Jawa Timur.

 

“Jer Basuki Mawa Beya, sebuah pepatah Jawa yang bermakna setiap keberhasilan, kebahagiaan, kesuksesan dalam hidup berawal dan membutuhkan pengorbanan, kerja keras, berbagai upaya serius,serta harus diperjuangkan secara seksama untuk meraihnya,” ucap gubenur saat menjadi Inspektur upacara peringatan HUT Provinsi Jawa Timur ke 78 di halaman Gedung Negara Grahadi, Kamis (12/10/2023).

 

Menurutnya, suatu keberhasilan dapat dicapai dengan bersungguh-sungguh, tekun, bekerja secara fokus, penuh ketelitian, dan profesionalitas. Lebih lanjut, Gubernur Khofifah juga memaparkan tiga karakter yang diperlukan untuk memenuhi ikrar Jatim Bangkit Terus Melaju. Ketiga karakter itu disebut sebagai IKI (Inisiatif, Kolaboratif, dan Inovatif).

 

Selain itu, perlu sinergi antara pemuda-pemudi Jawa Timur selaku game changer untuk menghadapi tuntutan zaman, meliputi tantangan mengejar kedaulatan pangan, krisis energi yang sehat, pendanaan yang besar pada masa transisi, serta berbagai tantangan digital. Kita membutuhkan SDM dan aktor-aktor yang mampu mengubah jalannya keadaan, ungkap gubernur.

 

Terkait hal ini, Gubernur Khofifah berterima kasih kepada para guru, siswa, wali murid, dan kepala sekolah karena sejak tahun 2020 siswa-siswi Jawa Timur berhasil diterima di Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes tertinggi di antara seluruh provinsi di Indonesia.

 

Peringatan tersebut turut dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Dewan Pertimbangan Presiden, bupati dan wali kota di Jawa Timur, serta 780 undangan masyarakat umum.

 

Sebelum upacara berlangsung, para peserta dan undangan disuguhi oleh beberapa pertunjukan, seperti drumband dari SMAN 2 Taruna Bhayangkara Banyuwangi, Tarian Kolosal bertajuk Jatim Harmoni, dan kolaborasi Seni Suara dari grup Paduan Suara Berprestasi di Jawa Timur.

 

Di samping itu, gubernur juga memberikan penganugerahan penghargaan lencana Jer Basuki Mawa Beya Kategori Emas kepada sejumlah tokoh di Jawa Timur. Diantaranya yakni, Bupati Jember, Hendy Siswanto, Walikota Mojokerto, Hj. Ika Puspitasari, Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur, Karyadi, Kepala Kantor Wilayah BPN Jawa Timur, Jonahar, Kepala Kantor Regional II BKN Surabaya, Mohammad Ridwan, dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, H. Husnul Maram. (dhea/hjr)

 

 

#HUT Pemprov Jatim