Senin, 6 Mei 2024

Gubernur Khofifah : Tim Yankes Bergerak Merupakan Wujud Program Jatim Sehat untuk Semua

Diunggah pada : 18 September 2023 20:40:17 101
Sumber foto : Humas Jatim

Jatim Newsroom – Misi kesehatan Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak (Yankes Bergerak) di Pulau Raas, Kabupaten Sumenep yang berlangsung selama empat hari telah diselesaikan. Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada Senin (18/9/2023) mengatakan, Tim Yankes Bergerak merupakan wujud program Jatim Sehat untuk semua.

Tim Yankes Bergerak sendiri, merupakan program yang diterjunkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim) yang bertujuan, supaya lebih mendekatkan akses maupun meningkatkan pelayanan kesehatan berkualitas pada masyarakat, khususnya masyarakat kepulauan terpencil.

Misi kesehatan Tim Yankes Bergerak kali ini, adalah layanan kesehatan yang dimulai dari Rabu hingga Sabtu (13-16/9/2023) lalu, dipusatkan di Puskesmas Raas dan Kapal Gandha Nusantara 1 yang mana kapal tersebut merupakan dukungan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur (Dishub Jatim)

Adapun anggota Tim Yankes Bergerak berasal dari, Dinkes Jatim, Dinkes Kab. Sumenep, RSUD Dr. Soetomo Surabaya, RSUD M. Noer Pamekasan, RSUD M. Anwar Sumenep, RS Mata Masyarakat Jawa Timur, RSUD BDH Surabaya, Organisasi Profesi serta dibantu oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Raas.

Diketahui, selama empat hari bertugas di Pulau Raas, Tim Yankes Bergerak telah memberikan layanan kesehatan dasar, baik spesialistik, kesehatan tradisional, maupun pembinaan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) kepada 476 orang pasien di wilayah kepulauan Sumenep tersebut.

Rinciannya yakni, pasien penerima layanan bedah sebanyak 68 orang, 74 orang menerima layanan obgyn, 115 orang menerima layanan kesehatan mata, 50 orang menerima layanan Telinga Hidung Tenggorokan (THT), dan 44 orang menerima layanan kesehatan anak.

Selanjutnya 7 orang menerima layanan penyakit dalam melalui telekonsul dengan dokter spesialis penyakit dalam dari RSUD M. Noer Pamekasan, serta 118 orang menerima layanan kesehatan tradisional berupa akupuntur, akupresur, hingga herbal.

Atas layanan tim Yankes Bergerak di Pulau Raas Sumenep ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan bahwa keberadaan Tim Yankes Bergerak, membawa misi mulia kemanusiaan. Yaitu, demi pemerataan layanan kesehatan di wilayah kepulauan terpencil yang kemudahan akses layanan kesehatannya tidak seperti warga di perkotaan.

“Indonesia memang negara kepulauan terbesar di dunia yang membuat beberapa daerah tidak mudah dijangkau. Tapi hak kesehatan adalah milik semua orang dan ini komitmen kami memberikan hak tersebut sampai ke kepulauan terpencil,” kata Khofifah.

Menurut Khofifah, Tim Yankes Bergerak juga merupakan wujud Program Jatim Sehat yang tertuang pada Nawa Bhakti Satya. Dimana, akses kesehatan ini berlaku umum untuk semua warga Jawa Timur di manapun mereka berada.

“Layanan kesehatan akan diberikan kepada siapa saja, tidak mengenal di mana mereka tinggal,” tukasnya.

Gubernut Khofifah pun menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya kepada tim Yankes Bergerak, dinas-dinas terkait, perangkat kecamatan, dan masyarakat yang telah membantu menyukseskan program.

“Tim Yankes Bergerak dan mereka yang telah mendukung adalah orang-orang hebat yang insya Allah ikhlas mengabdi. Mudah-mudahan ini menjadi amal jariyah mereka. Terima kasih sekali atas kerja kerasnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr. Erwin Astha Triyono menjelaskan, Yankes Bergerak ini merupakan program prioritas.

“Dengan memberikan perhatian terhadap masyarakat di wilayah terpencil, akan memberikan penguatan terhadap kesehatan seluruh masyarakat di Jawa Timur. Harapannya, ini bisa menjadi inspirasi bagi pemerintah dan instansi lain untuk meratakan akses kesehatan di zona seperti ini,” terang dr. Erwin.

Sebagai informasi, program Yankes Bergerak sudah dilakukan sejak tahun 2019 dan Pulau Raas merupakan tujuan ke-15. Sementara, untuk tahun 2023 Tim Yankes Bergerak telah diberangkatkan ke Pulau Sapudi (Juni 2023) dan Pulau Raas (September 2023). Untuk yang akan datang, Tim Yankes Bergerak akan diterjunkan ke Pulau Kangean antara akhir Oktober atau awal November, dan Pulau Gili pada November akhir. (vin/hjr).

#Khofifah Indar Parawansa #Gubernur Jawa Timur #Yankes #Kabupaten Sumenep #Dinkes Jatim #Yankes Bergerak