Minggu, 28 April 2024

Gubernur Khofifah: Stok Elpiji 3 Kg di Jatim Aman dan Distribusi Lancar

Diunggah pada : 28 Juli 2023 8:38:17 150
Foto: dok. Humas Jatim

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memastikan stok dan distribusi elpiji bersubsidi di Jatim dalam kondisi aman. Hal itu ia tegaskan setelah melakukan tinjauan ke agen dan pangkalan elpiji 3 kg di Surabaya, Kamis (27/7/2023).

Gubernur Khofifah didampingi Kepala Dinas ESDM Nurcholis dan Kadisperindag Prov Jatim Iwan, mendatangi pangkalan elpiji milik Mari Achmad di  kawasan Kalidami dan juga agen elpiji milik PT Ragil Soegiarti Abadi di kawasan Gubeng Kertajaya Kota Surabaya.

Mantan Menteri Sosial RI tersebut mengatakan,  upayanya mendatangi pangkalan dan agen elpiji di Surabaya ini dilakukan untuk memastikan bahwa stok dalam posisi aman. Karena, pihaknya khawatir jika terjadi kelangkaan elpiji di Surabaya akan berpengaruh terhadap pasokan Elpiji di daerah lain yang ada di Jawa Timur.

"Saya ingin memastikan Elpiji 3 Kg di Surabaya ini aman. Karena, Surabaya adalah daerah besar dengan skala ekonominya yang begitu besar. Dan Allhamdulillah Stoknya aman, pasokan aman dan permintaan masyarakat bisa terlayani," jelasnya.

Khofifah mengungkapkan, tingginya permintaan elpiji 3 Kg ini lantaran banyak sektor UMKM utamanya para pedagang penjual Makanan Minuman (Mamin) hingga warung-warung mulai bergerak.

Sedangkan, kelangkaan yang dilaporkan beberapa hari terakhir di sejumlah daerah terjadi karena momentum libur panjang sekolah ditambah  Idul Adha.

 "Allhamdulillah di sini harga dalam posisi stabil di angka Rp16.000 per tabung," ujar Khofifah.

Saat ini Pemprov Jatim melalui Dinas ESDM sedang  berkoordinasi bersama Pertamina untuk menambah ketersediaan elpiji baik di tingkat pangkalan maupun agen. Tak hanya penambahan kuota elpiji, Khofifah juga berharap stabilitas harga tetap terjaga di tingkat konsumen.

"Komunikasi dengan pihak pangkalan , agen dan Pertamina harus terus terbangun. Oleh karena itu mungkin kalau ada tambahan permintaan berkepanjangan, kepala daerah setempat bisa menyampaikan kuota baru," imbuhnya.

Sales Area Manager Surabaya PT. Pertamina Patraniaga Jatimbalinus, Ivan Suhadak, mengatakan, tingginya permintaan disebabkan adanya libur panjang dan banyaknya acara acara yang diselenggarakan sehingga permintaan meningkat.

"Tadi Ibu Gubernur sudah menyampaikan ada libur panjang dan ada beberapa acara sehingga wajar konsumsi meningkat. Jadi Pertamina memastikan ketika ada masyarakat membutuhkan penyaluran itu pasti dipenuhi sesuai dengan kebutuhan masyarakat sesuai dengan peruntukannya," jelasnya.

Pertamina lanjutnya, dalam beberapa hari ke depan akan berupaya menambah pasokan di beberapa wilayah 30 sampai dengan 70 persen dari rata-rata penyaluran harian.

Dirinya, meyakini bahwa langkah-langkah yang akan diambil ini bisa meredam kelangkaan, asalkan masyarakat membeli sesuai dengan kebutuhan. Oleh karenanya, kami memberikan himbauan kepada masyarakat, kerjasama dengan para bupati/walikota juga untuk sosialisasikan program program subsidi langsung tepat sasaran.

Sementara itu, Pemilik Pangkalan Elpiji Mari Achmad menjelaskan, sampai hari ini masyarakat masih bisa membeli elpiji 3 Kg dan belum ada kekosongan pasokan dari Pangkalan ataupun Pertamina.

Di pangkalan miliknya, kuota yang diterima sebanyak 80 tabung yang habis terjual dalam dua hari. Pihaknya pun bersyukur stock elpiji yang dijualnya masih bisa memenuhi masyarakat yang sebagian besar digunakan untuk berdagang.

"Allhamdulillah bu masih aman stocknya dan tidak pernah sampai kosong. Pedagang juga bisa membeli dengan jumlah cukup satu sampai dua tabung setiap hari," tegasnya.

Agus Suharto selaku pemilik  agen PT. Ragil Soegiarti Abadi bersyukur bahwa tidak ada kelangkaan di depo elpiji miliknya dan wilayah Kota Surabaya secara keseluruhan. Agen yang berlokasi di Gubeng Kertajaya Surabaya ini setiap harinya menyalurkan sekitar 560 tabung elpiji yang sudah terisi ke lima pangkalan lainnya di wilayah Surabaya.

"Dari agen kami dan wilayah Surabaya, aman terkendali, tidak ada peningkatan dan kelangkaan. Kami dari agen akan selalu bekerjasama dengan Pertamina dan memantau kebutuhan pangkalan lewat aplikasi yang disiapkan Pertamina," tutupnya. (red)

 

#Khofifah Indar Parawansa #Gubernur Jawa Timur