Senin, 20 Mei 2024

Gubernur Khofifah : Semoga Hari Perhubungan Nasional Jadi Momentum Jatim Membangun Publik Transportasi Aman, Nyaman, dan Profesional

Diunggah pada : 17 September 2023 14:51:01 141
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa (tengah) bersama OPD Pemprov Jatim usai upacara Hari Perhubungan Nasional di Lapangan Pokeskar Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Minggu (17/9/2023). Foto : Wahyu JNR

Jatim Newsroom -Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) berharap Hari Perhubungan Nasional 2023 jadi momentum Jatim membangun publik transportasi yang aman, nyaman, dan profesional pelayanannya.

"Ini merupakan momentum  tepat bagi sebagai insan transportasi untuk terus bersama bergerak maju meningkatkan kinerja sektor transportasi untuk kepentingan masyarakat," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa usai upacara Hari Perhubungan Nasional 2023 di Lapangan Pokeskar Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Minggu (17/9/2023).

Dikatakannya, saat ini Pemprov telah menyiapkan Trans Jatim yang koneksitasnya terus diperluas untuk mendukung mobilitas masyarakat. Dan Jatim terus melakukan pengembangan dengan belajar ke negara maju, tentang moda transportasi darat, laut dan udara yang berkembang di sana.

Sementara, saat membacakan sambutan Menteri Perhubungan RI, Gubernur Khofifah menyampaikan,  tema Hari Perhubungan Nasional tahun ini adalah Melaju untuk Transportasi Maju dimaksudkan untuk menunjukkan bagaimana para insan transportasi mampu terus bergerak secara konsisten, dalam kerja nyata melakukan transformasi dan inovasi sektor transportasi serta secara kolektif, menggelorakan semangat untuk melaju bersama demi mewujudkan transportasi maju di Indonesia.

Inovasi dan pembangunan infrastruktur transportasi dalam wujud modernisasi tersebut, tidak hanya kian mendorong Indonesia menjadi negara maju, tetapi juga berimplikasi kuat bagi pembangunan yang berkelanjutan, ramah lingkungan keselamatan dan pelayanan transportasi yang makin meningkat.

"Saya mengimbau kepada Dinas Perhubungan kabupaten kota dan Provinsi Jawa Timur selaku regulator sektor transportasi agar bekerja sama, berkolaborasi, dan bersinergi secara optimal dengan para operator dan mitra kerja.

"Kerjasama dengan pemerintah daerah  sangat dibutuhkan untuk mendorong pemanfaatan secara optimal infrastruktur transportasi yang telah dibangun dan pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat," tuturnya.

Sebab, transportasi yang andal efisien dan berdaya saing memiliki dampak positif pada mobilitas masyarakat serta pertumbuhan ekonomi suatu negara.   Sesuai makna hari Perhubungan Nasional sebagai hari Bakti Insan transportasi kepada negeri, maka sejumlah kegiatan telah disiapkan dan diikuti oleh seluruh elemen transportasi baik pemerintah maupun swasta.

Ia menyampaikan, apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh insan transportasi bukan hanya karena telah turut berpartisipasi pada rangkaian kegiatan tersebut, juga telah mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk pembangunan transportasi di Indonesia.

Perjalanan membangun bangsa ini masih sangat panjang ke depan kontribusi dan kolaborasi yang semakin kuat masih sangat dibutuhkan kontribusi yang besar di sektor transportasi tersebut juga menjadi bagian dari perwujudan nilai-nilai kebangsaan yaitu cinta tanah air dan bangsa serta kerja bersama di semua sektor sosial.(hjr)

#gubernur khofifah