Jumat, 26 April 2024

Gubernur Khofifah Bagikan Tips Aman Beraktivitas di Luar Rumah

Diunggah pada : 25 April 2023 14:20:27 133
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Jatim Newsroom - Menghadapi cuaca panas, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau masyarakat agar cermat dalam menyiapkan kondisi tubuh agar tetap fit di cuaca ekstrem.

Di antaranya ialah dengan memperbanyak meminum air putih minimal 2 liter per hari. Tak hanya itu, makan makanan yg bergizi dan tinggi kandungan air itu juga perlu diterapkan.

“Apalagi jika mempunyai kegiatan atau beraktivitas tinggi di luar ruangan, maka minumlah air untuk menggantikan keringat yang hilang. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makan makanan yang bergizi dan tinggi kandungan air. Ini penting dilakukan selain menyehatkan, juga menghindari terjadinya dehidrasi,” ujar Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa  (25/4/2023).

Tips kedua yang bisa dilakukan, lanjut Gubernur Khofifah, yaitu menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan ringan. Tips selanjutnya yaitu sebisa mungkin menghindari aktivitas di luar ruangan di siang hari.

“Dan jika sedang beraktivitas di luar ruangan, bisa mengenakan topi atau memakai payung. Mengingat cuaca panas yang terik, sebisa mungkin untuk menghindari paparan langsung matahari,” ajaknya.

Gubernur Khofifah menyampaikan tips kelima yaitu pentingnya menjaga stamina dengan mengkonsumsi vitamin dan berolahraga. Sebab, dapat menjaga tubuh tetap pada kondisi bugar.

“Insyaallah kelima tips ini jika dilakukan bisa membuat kita tetap dalam kondisi yang fit meski dalam cuaca panas yang diakibatkan gelombang panas," ujarnya.

Selain itu, lanjut Gubernur Khofifah, tingkat paparan sinar ultraviolet (UV) yang tinggi dapat berpengaruh pada kesehatan kulit dan mata. Sebagai informasi tingkat UV akan mulai meningkat sejak pukul 10.00 WIB dan akan sangat tinggi pada pukul 11.00-12.00 WIB dan mulai kembali turun pada pukul 14.00 WIB.

Untuk menjaga kesehatan kulit dan mata, Gubernur Khofifah menyarankan agar meminimalisir aktivitas dibawah paparan matahari pada pukul 10.00 - 16.00 WIB. Akan tetapi bagi yang harus tetap beraktivitas maka disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30+ tiap 2 jam sekali.

"Bagi yang harus tetap beraktivitas di luar jangan lupa memakai sunblok supaya tidak terbakar kulitnya," sarannya.

Untuk diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut fenomena tersebut disebabkan karena lima hal.

Penyebab pertama suhu panas di Indonesia yaitu adanya dinamika atmosfer yang tidak biasa. Selain itu, sedang terjadi gelombang panas di wilayah Asia. Suhu panas bulan April di Wilayah Asia selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu matahari, lonjakan panas tahun 2023 terparah.

Penyebab ketiga ialah tren pemanasan global dan perubahan iklim yaitu gelombang panas 'heatwave' semakin berisiko berpeluang terjadi 30 kali lebih sering. Sebab keempat adalah dominasi monsun Australia: Indonesia memasuki musim kemarau.

Sementara untuk penyebab kelima yaitu adanya intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan juga menjadi penyebab suhu panas di Indonesia.

Sebagaimana prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG untuk  hari ini  Selasa (25/4/2023) Surabaya diperkirakan akan cerah berawan dengan prosentase tutupan awan sebesar 25%. Sedangkan suhu udara 28°c  dan suhu yang dirasakan mencapai 33°c. (red)

#Khofifah Indar Parawansa #Gubernur Jawa Timur