Jumat, 3 Mei 2024

Gelar Rakernas 2024, ASKOMPSI Dukung Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional

Diunggah pada : 22 Februari 2024 16:57:49 26
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Kamis (22/2/2024). Foto: Diah/JNR

Jatim Newsroom – Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Kamis (22/2/2024). Rakernas ini berfokus untuk mendukung percepatan transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional. 

Fokus bahasan tersebut dikemas dalam diskusi panel dengan menghadirkan lima narasumber. Antara lain, dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Digital Transformation Officer (DTO) Kementerian Kesehatan.  

Ketua ASKOMPSI yang juga selaku Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal, menyampaikan, Rakernas ini merupakan tindak lanjut Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional. Selain itu juga bagian dari tindak lanjut terhadap Surat Edaran Menteri Dalam Negeri tentang Peran Pemerintah Daerah dalam Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional. 

“Rakernas juga dimaksudkan untuk melaksanakan program kerja Dewan Pengurus ASKOMPSI masa bakti 2023-2025. Supaya program-program kerja itu disepakati bersama, mau membuat apa dalam setahun, meski hanya satu dua program, tapi tetap konsisten dengan visi misi,” ujarnya dalam kegiatan yang turut dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin.

Setelah sebelumnya mengangkat topik Satu Data di Balikpapan, lanjutnya, rakernas di Jawa Barat ini mengangkat topik Keamanan Informasi. “Karena ini salah satu tren yang sedang berkembang di bidang komunikasi dan informatika,” terangnya. 

Rakernas ini juga menyuguhkan sesi panel dan diskusi terkait topik Keamanan Informasi. “Jadi selain untuk silaturahmi dan sinergisitas, kita berharap pertemuan ini juga bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita,” tuturnya. 

Ia pun menggarisbawahi salah satu agenda yang akan diteruskan adalah ASKOMPSI Digital Leadership Government Award (ADLGA) yang merupakan penghargaan untuk Sekretaris Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota berkinerja digital terbaik tingkat nasional. (idc/s)

#keamanan informasi #Dinas Komunikasi dan Informatika #ASKOMPSI