Jumat, 20 September 2024

Festival KIM 2024, Jatim Kirim Dua KIM Terbaik

Diunggah pada : 9 Agustus 2024 23:29:37 92
Perwakilan KIM dari Jawa Timur melaksanakan presentasi dalam kompetisi Festival KIM 2024 di Makassar, Jumat (9/8/2024)

Jatim Newsroom - Jawa Timur mengirimkan dua Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) terbaiknya, yakni KIM Gerabah Kota Malang dan KIM Tirto Gumitir Jember dalam ajang Festival dan Kompetisi KIM Nasional 2024 di Makassar Sulawesi Selatan pada 9-11 Agustus 2024.

Kedua KIM tersebut merupakan KIM terbaik dari 33 KIM di 11 kabupaten/kota yang mengikuti seleksi di tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo Jatim.

Di tingkat nasional, dua KIM perwakilan Jatim juga telah tampil mempresentasikan profil dan inovasi di ajang festival yang dilaksanakan di Anjungan City of Makassar, Pantai Losari, Makassar, Jumat (9/8/2024).

Presentasi dilakukan di depan juri nasional, yakni Akademisi Komunikasi Universitas Indonesia, Irwansyah dan Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Rulli Nasrullah.

KIM Gerabah Kota Malang dipresentasikan oleh Rudy Kurniawan. KIM ini berasal dari Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Inovasinya berupa Liputan Warga, Aspirasi Warga, Form UMKM Warga, dan bedakpenanggungan.com yang menampilkan produk hasil usaha atau UMKM warga Kelurahan Penanggungan.

Sementara itu, KIM Tirto Gumitir Jember dipresentasikan oleh Muhammad Ilham. KIM ini berasal dari Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. Ia menerangkan hal-hal yang disajikan di Galeri GIMITIR. Mulai dari informasi visual destinasi wisata, reservasi paket wisata, oleh-oleh Khas Sidomulyo, dan edukasi wisata.

Untuk menentukan pemenang KIM terbaik nasional, panitia dari Kementerian Kominfo RI menentukan nilai di 3 aspek, yaitu dokumen portofolio, tampilan booth/stan serta paparan/presentasi inovasi. Pengumuman pemenang dan penganugerahan akan dilaksanakan pada 10 Agustus 2024 malam. (idc/hjr)

#Komunitas Informasi Masyarakat #festival KIM