Sabtu, 27 April 2024

DPMD Bojonegoro Launching Aplikasi SIAP Desa

Diunggah pada : 23 November 2022 11:31:06 155
istimewa

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas, Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBD) Tahun Anggaran 2023, dilanjutkan launching aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pemerintahan Desa (SIAP Desa) di ruang pertemuan Angling Dharmo Pemkab Bojonegoro, Selasa (22/11/2022).

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah yang hadir secara virtual mengatakan, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sudah lama diterapkan untuk percepatan pelayanan masyarakat. Selain itu juga untuk mempermudah kontrol perencanaan dan Alokasi Dana Desa (ADD). Sehingga struktur APBD itu tampak untuk pelayanan. Juga sekaligus untuk mempercepat program pembangunan Kabupaten Bojonegoro.

Sementara itu, Kepala DPMD Machmuddin mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas penyusunan APB Desa tahun 2023 dan sebagai pembinaan serta pengawasan sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan.  

Sementara itu, Setyo Pribowo, Sekretaris Desa Tikusan Kecamatan Kapas mengatakan aplikasi SIAP Desa ini sangat bermanfaat bagi desa dalam keterbukaan informasi administrasi pemerintahan desa. Karena aplikasi tersebut memuat banyak menu mulai profil aparatur pemerintahan desa sampai peraturan-peraturan di desa. Juga dilengkapi menu penyaluran dana transfer. Ini  sangat membantu desa dalam mengirim proposal dana transfer yang tidak perlu bolak balik lagi untuk revisi karena sudah berbasis digital. Aplikasi ini juga mempermudah pendataan di desa.

Kegiatan ini dihadiri Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setda, Djoko Lukito; Asisten II Administrasi Umum Setda, Ninik Susmiati; 28 Camat Se-kabupaten Bojonegoro dengan  para peserta adalah Sekretaris Desa, Kaur Keuangan, Operator Siskeudes dan Operator Kecamatan yang menangani Siskeudes. (yan/n)

 

#bojonegoro