Jumat, 20 September 2024

Dosen FISIP UINSA Ikuti Workshop Inovatif Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester

Diunggah pada : 1 Februari 2024 8:07:11 12
peningkatan kualitas pendidikan dan penyelarasan dengan filosofi universitas,

Jatim Newsroom - Sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan dan penyelarasan dengan filosofi universitas, para dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya (FISIP UINSA) mengikuti workshop  yang berfokus pada perumusan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Dalam RPS tersebut harus terintegrasi mata kuliah berbasis praktikum, serta filosofi “Integrated Twin Towers”.

Dikutip dari laman resmi UINSA Surabaya, Kamis (01/02/2024). workshop dimulai dengan presentasi pengantar yang disampaikan oleh Muhammad Qobidl ‘Ainul Arif, M.A.

Qobidl menjelaskan perbedaan antara mata kuliah yang melibatkan kegiatan praktik dan mata kuliah yang berorientasi praktikum. Dengan adanya perbedaan tersebut, penyusunan RPS perlu disesuaikan. Dalam presentasi pengantarnya, Qobidl juga menjelaskan secara ringkas filosofi “Integrated Twin Towers”, yang menekankan kesetaraan status dan pengembangan ilmu Islam dan ilmu pengetahuan lainnya secara simultan.

Menurutnya, filosofi ini dilambangkan dengan bangunan Twin Towers, landmark UINSA, dengan jembatan penghubung yang menyiratkan hubungan interaktif dan mutualistik antara Islam dan ilmu pengetahuan lainnya. Pengantar dari Pak Qobidl memberi landasan yang komprehensif bagi tujuan workshop ini.

Pada workshop ini juga menghadirkan akademisi dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Dr. Wiwik Sri Utami, M.P. sebagai narasumber. Wiwik hadir untuk berbagi wawasan yang berharga tentang bagaimana hendaknya para dosen memasukkan kegiatan praktik dan mata kuliah berbasis praktikum dalam perumusan RPS. Sesi ini berlanjut hingga tengah hari dengan diskusi yang konstruktif bersama para dosen yang hadir. (ryn/s)

#UINSA Surabaya