Senin, 6 Mei 2024

Disporapar Jombang Fasilitasi Tur Wisata untuk Atlet Porprov Jatim VIII/2023

Diunggah pada : 13 September 2023 11:33:37 76
Kepala Disporapar Jombang dalam Porprov Jatim VIII/2023, di Kabupaten Jombang. Foto: Sultan/JNR

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Jombang, Bambang Nurwijanto mengatakan Pemerintah Kabupaten Jombang juga memfasilitasi tur wisata bagi para atlet yang berlaga di Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII/2023. 

Kegiatan tur wisata dilaksanakan 12 dan 14 September 2023. “Kita sudah menjadwalkan bahwa ada tur wisata untuk teman-teman atlet di tanggal 12 dan 14. Udah fasilitasi tur wisata, antara lain ke duren-duren, ke makam gus dur, dan lain-lain,” terangnya. 

Sebagai informasi, salah satu durian khas Jombang adalah Durian Wonosalam yang ada di Kecamatan Wonosalam. Buah durian asli Wonosalam Jombang terkenal dengan rasanya yang manis dan legit, serta memiliki daging buah yang dinilai lebih tebal.

Mengenai wisata religi makam  presiden RI keempat, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) berlokasi di Pondok Pesantren Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Makam Gus Dur ini juga menjadi salah satu lokasi wisata andalan di Kabupaten Jombang, bahkan Jawa Timur. 

Ketika ditanya mengenai Porprov Jatim VIII/2023, Kadisporapar Jombang menerangkan persiapan sudah dimulai sejak Januari 2023. Sinergi dan koordinasi dengan sesama tuan rumah, antar perangkat daerah, serta pemangku kepentingan terkait lainnya terus dilakukan. 

“Kita sudah rapat dengan teman-teman tuan rumah, sama-sama mempersiapkan. Tentunya masing-masih daerah sudah menyiapkan. Kita juga koordinasi dengan lintas OPD. Ini bukan hanya gawenya Dispora, tapi seluruh elemen di Pemda,” terangnya. 

Ia pun berharap pelaksanaan Porprov Jatim VIII/2023 di Kabupaten Jombang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto berlangsung dengan lancar hingga penutupan di 16 September 2023 nanti. 

“Atlet yang bertanding harus menjaga sportivitas, fair play. Pertandingan membutuhkan emosional yang harus dijaga biar nanti selamat dan mendapatkan prestasi,” pesannya. (jrm/idc/s)

#PORPROV Jatim #olahraga #Porprov Jatim VIII/2023