Jumat, 3 Mei 2024

Diskominfo Kaltim Kunjungi Jatim Untuk Belajar Pengoperasian Ruang Command Center

Diunggah pada : 27 Juni 2023 13:23:12 44

Jatim Newsroom - Guna mencari dan menggali informasi tentang keberadaan ruang pengoperasian tata ruang command center, serta sistem Disaster Recovery Center (DRC). Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur kunjungi ruang Command Center, Selasa (27/6/2023). Kunjungan Diskominfo Kalimantan Timur ini langsung diterima oleh Kabid Infrastruktur TIK, Gugi A Wicaksono bersama Korsub tata kelola dan Pemberdayaan TIK Dendy Eka Puspawandi.

Kepala Bidang APTIKA Diskominfo Kalimantan Timur, Dra Normalina mengatakan kedatangan ke Jatim ini pihaknya ingin mengetahui sejauh mana ruang command center yang dimiliki oleh Provinsi Jatim, yang kemudian nanti akan diterapkan di Diskominfo Provinsi Kaltim. "Saat ini Diskominfo Kaltim juga mempersiapkan dan membangun ruang command center tersebut yang akan ditaruh di ruang Gubernur, Sekdaprov dan asisten,"katanya.

Sementara itu Kabid Infrastruktur TIK, Gugi A Wicaksono mengatakan pembangunan command center ini sudah dimulai dari tahun 2017. Dimana ruang command center ini juga merupakan langkah mewujudkan sistem data yang terintegrasi agar Jawa Timur sebagai provinsi yang smart. Konsep smart province menjadi solusi untuk menciptakan pemerintahan yang efektif, efisien dan akuntabel. "Serta juga perlu digarisbawahi bahwa command center milik provinsi ini beda dengan kabupaten/kota. Karena Command center ini kominfo Jatim bisa memberikan data dan menyajikan kepada para pimpinan Gubernur, sekda,"katanya

Selanjutnya juga terkait diseminasi informasi program dan kebijakan melalui kegiatan Kopilaborasi, Klinik Hoaks, media luar ruang videotron dan sarana media kehumasan lainnya. Progrm kerja prioritas adalah Interoperabilitas Open Government  yang bekerjasama dengan ITS, dimana program ini bisa dimanfaatkan untuk melihat semua data dan informasi yang dimiliki OPD.  Kemudian juga termasuk Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Jatim, yakni pengaman informasi dan juga program Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan perguruan tinggi.  (pca/hjr)

#Diskominfo Jatim #kominfo jatim