Jumat, 26 April 2024

Diskominfo Jatim Sosialisasikan SATA Jatim Award 2023 pada Pemerintah Kabupaten/Kota

Diunggah pada : 26 Mei 2023 13:46:38 111
Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin saat memberi arahan pada sosialisasi SATA Jatim Award secara daring, Jumat (26/5/2023).

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) menyosialisasikan penghargaan Satu Data Jawa Timur (SATA Jatim Award) tahun 2023, kepada Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, secara daring, Jumat (26/5). 

SATA Jatim Award ini diadakan, dengan tujuan untuk memberikan penghargaan atas kontribusi maupun partisipasi produsen data dan Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jawa Timur dalam penyelenggaraan SATA Jatim. 

Sosialisasi yang diikuti Sub Koordinator, statistisi, perwakilan Dinas Kominfo dan Bappeda Kabupaten / Kota se-Jawa Timur ini, dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, dan Kepala Bidang (Kabid) Data dan Statistik Dinas Kominfo Jatim, Nirmala Dewi. 

Dalam arahannya, Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, menyampaikan, penyelenggaraan SATA Jatim Award 2023 ini penting disosialisasikan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota, karena tidak seperti tahun sebelumnya yang hanya menilai perangkat daerah di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) tapi juga Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur. 

“SATA Jatim Award adalah penilaian yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur di tahun 2022 kemarin bagi OPD di lingkungan Pemprov Jatim. Dan di tahun 2023 ini, penilaiannya tidak hanya di lingkungan OPD saja tetapi juga bagi Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Jadi, kami merasa SATA Jatim Award ini harus disosialisasikan, karena menjadi tidak adil kalau dinilai tapi tidak disosialisasikan,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Sherlita menerangkan, hal yang menarik adalah SATA Jatim ini juga termasuk salah satu poin dalam penilaian Sistem Integrasi Bersama Kinerja Implementasi Budaya Cettar (SiBekisar) Pemprov Jatim.

“Yang menarik adalah SATA Jatim ini juga menjadi inputing untuk SiBekisar. Kami di Dinas Kominfo Jatim juga menjadi salah satu dari 12 tim penilai dengan beberapa indikator,” terangnya. 

Sherlita berharap, Pemerintah Kabupaten/Kota, khususnya Dinas Kominfo bisa bersama-sama dengan Bappeda dan BPS maupun tim di daerahnya untuk mempersiapkan diri mengikuti SATA Jatim Award 2023. 

“Hal ini bukan dianggap sebagai suatu persaingan, tapi pemacu Pemerintah  Kabupaten/Kota ke depannya, agar lebih baik lagi dalam penyajian data maupun penggunaan data untuk pengambilan keputusan atau kebijakan di Kabupaten /Kota. besar harapan kami di provinsi agar Kabupaten/Kota mengikuti SATA Jatim Award 2023 dengan baik,” harapnya. 

Sementara itu, Kabid Data dan Statistik Dinas Kominfo Jatim, Nirmala Dewi, menyampaikan, penghargaan SATA Jatim Award ini diberikan untuk penilaian data tahun 2022. “Penilaian SATA Jatim Award 2023 itu didasarkan dari hasil pemeringkatan, hasil monitoring dan evaluasi serta penilaian ahli akademisi maupun praktisi. Hal ini sesuai dengan Pergub 81 Tahun 2020 tentang SATA Jatim,” ungkap Dewi. 

Untuk tim penilai SATA Jatim Award 2023 sendiri, Dewi menyebutkan terbagi menjadi dua. Pertama, akademisi maupun praktisi yang berasal dari ITS Surabaya, Unair, dan Narasio Data yang merupakan suatu lembaga pelatihan terkait data. Sedangkan yang kedua adalah, tiga pilar penyelenggara SATA Jatim yang terdiri dari Dinas Kominfo, Bappeda, dan BPS Jatim. 

“Tim Penilai SATA Jatim Award 2023 ini berdasarkan SK Gubernur Jatim Nomor 188/114/KPTS/013/2023. Dan untuk pemenang nanti, kami akan memilih lima Pemerintah Kabupaten/Kota terbaik,” sebut Dewi. 

Adapun mekanisme penilaiannya, Dewi memaparkan, terdapat tiga tahapan dengan melalui sistem gugur. Tahap Penilaian I, yaitu tahap pemenuhan kelengkapan berkas administrasi yang diunggah Kabupaten/Kota kemudian dinilai oleh Bappeda. 

“Berkas yang diunggah antara lain, peraturan wali kota atau bupati, SK Forum Satu Data, serta Laporan Pelaksanaan Forum Satu Data dilengkapi dengan daftar data yang telah disepakati dalam setahun diupload pada website  https://sata.jatimprov.go.id/award ,” paparnya. 

Selanjutnya, Dewi pun menyampaikan Tahap Penilaian II yang terdiri dari beberapa kriteria penilaian. Yaitu, pemenuhan Daftar Data Bidang Sosial, Pendidikan dan Kesehatan sesuai Kesepakatan Forum Walidata menjadi domain penilaian Walidata

“Lalu, ada Integrasi sistem Kabupaten/Kota dengan Open Data Jawa Timur dan Satu Data Indonesia  menjadi domain penilaian Walidata, Pemenuhan Metadata menjadi domain penilaian BPS, dan Pemenuhan Rekomendasi Statistik menjadi domain penilaian BPS,” bebernya. 

Untuk Tahap Penilaian III, Dewi menuturkan, mekanismenya dengan melakukan presentasi bagi 10 nominasi yang diundang di provinsi. Penilaian ini dilakukan oleh Tim Ahli (Akademisi dan Praktisi Data), BAPPEDA, Kominfo, dan BPS. 

“Tema presentasi mengenai ‘Best Practices Penyelenggaraan Satu Data Kabupaten/Kota dan Dukungan terhadap Satu Data Jawa Timur & SDI’, Presentasi dilakukan selama 15 menit, dengan kriteria penilaian antara lain, penyajian data kepada masyarakat, SOP yang menunjang tata kelola data, infrastruktur, analisis data yang telah dilakukan, dan dukungan manajemen dalam pengelolaan data,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, untuk jadwal penyelenggaraan SATA Jatim Award 2023 ini terdiri dari, Pemenuhan Berkas Administrasi pada 27-30 Mei, Evaluasi Administrasi oleh Bappeda Jatim pada 29 Mei – 6 Juni, Pengumuman Tahap I (Administrasi) pada 8 dan 9 Juni. 

Sedangkan, untuk jadwal Penilaian Tahap II (Walidata, Tenaga Ahli, BPS, dan Bappeda) akan dilaksanakan pada 12-15 Juni, Pengumuman Tahap II (10 terbaik) pada 19 dan 20 Juni, lalu untuk Penilaian Tahap III Presentasi 10 terbaik (Bappeda, Kominfo, BPS, Tenaga Ahli) akan dilakansakan pada 26 Juni, dan puncaknya akan dilaksanakan SATA Jatim Award Tahun 2023 pada 3-7 Juli mendatang. (vin/s)

#Diskominfo Jatim #sata jatim #Sosialisasi #SATA #Sata Jatim Award 2023