Selasa, 7 Mei 2024

Diskominfo Jatim – Media Online Sapanusa.id Jalin Kolaborasi

Diunggah pada : 2 Agustus 2023 20:14:39 188
Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita (jilbab merah muda) saat audiensi dengan media online Sapanusa.id, di ruang kerjanya, Dinas Kominfo Jatim, Surabaya, Rabu (2/8/2023). Foto : Ryanda / JNR

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kadiskominfo Jatim), Sherlita Ratna Dewi Agustin, menerima audiensi tim media online Sapanusa.id, di ruang kerjanya, Surabaya, Rabu (2/8/2023). Tujuan audiensi ini adalah untuk menjalin kolaborasi antara keduanya terkait berbagi informasi produksi berita di Provinsi Jawa Timur. 

Audiensi diikuti oleh Pemimpin Redaksi (Pimred) media online Sapanusa.id, Endrayani Dewi beserta dua orang stafnya. 

Saat audiensi, Kadiskominfo Jatim Sherlita menjelaskan, Dinas Kominfo Jatim bersedia berbagi informasi terkait berita yang ada di Jatim, terutama tentang Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim). 

“Saya itu punya grup yang berangkat dari TVRI, RRI kemudian kami itu produksi berita sendiri. Jadi kami di Kominfo juga ada reporter, fotografer, dan redaktur produksi, giat kami itu rata-rata di website-nya dan media sosial lain. Setiap harinya, kami memproduksi antara 30 sampai 40 berita. Nah, itu saya share di grup itu. Nanti, monggo salah satu dari Anda bisa masuk di sana, nanti kalau misalnya ada berita yang mau dipakai atau ada yang mau dikutip silahkan, tapi tetap logo Kominfo-nya jangan dihilangkan,” tutur Sherlita. 

Sherlita berpesan, dengan kolaborasi bersama media online Sapanusa.id ini, ke depan informasi berupa berita-berita yang biasanya diproduksi Dinas Kominfo Jatim bisa semakin luas dibagikan ke masyarakat. Namun, berita dari Dinas Kominfo Jatim yang dibagikan tersebut dengan catatan harus masih tetap mencantumkan logo Kominfo Jatim. 

“Karena dari beberapa yang sudah saya share, ternyata logo Kominfo-nya dihilangkan. Dan mengambil beritanya tidak usah koordinasi dulu dengan saya tidak apa, asalkan logo Kominfo-nya tetap dicantumkan,” pesannya. 

Sementara itu, Pimred media online Sapanusa.id Endrayani Dewi menjelaskan, Sapanusa.id adalah media online yang berbasis di Surabaya tetapi meliput semua daerah, baik nasional maupun provinsi seperti Jawa Timur. Dikatakan Dewi, Sapanusa.id itu adalah media independen yang ingin memberitakan secara realita faktual berdasar pada liputan langsung di lapangan. 

“Tujuan audiensi hari ini adalah untuk silaturahmi dan mengenalkan diri kalau Sapanusa.id ada, bahwa kami sudah hampir setahun bergerak dan kami mulai keluar bekerja sama dengan berbagai pihak khususnya Dinas Kominfo Jatim,” jelasnya. 

Dewi menilai, pusat informasi di era digitalisasi ini ada hubungannya dengan Dinas Kominfo Jatim sebagai instansi pemerintahan yang memegang banyak informasi di Provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu, Dewi mengatakan, melalui audiensi ini pihaknya ingin menjalin kerja sama dengan Dinas Kominfo Jatim. 

“Dalam kunjungan ini Bu Sherlita sangat terbuka, karena kita dimasukkan dalam grup dan bisa melihat sejauh mana perkembangan Dinas Kominfo Jatim. Diskominfo itu kan seperti intinya di Pemprov Jatim, sekarang adalah zamannya digitalisasi, penggeraknya kan Diskominfo, dari situ kita akan banyak tahu kebijakannya Bu Gub, untuk masyarakat. Sehingga akan saling terkoneksi,” tukasnya. 

Dewi menambahkan, sebenarnya media online Sapanusa.id itu, punya tugas menghubungkan dengan link antara Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik yang biasanya disebut dengan Surabaya Raya. Maka, Dewi pun mengungkapkan, pihaknya ingin menyatukan itu semua, Ia akan memberikan space atau ruang pada pemerintah-pemerintah daerah agar menunjukkan diri dan muncul sebagai sebuah daerah atau kesatuan antara Surabaya Raya. 

“Karena produksi berita kami juga sampai kelas nasional, untuk Provinsi Jawa Timur kita memberi atensi khusus karena memang Jawa Timur sudah dalam pengembangan yang sangat tinggi. Sehingga selain Surabaya, Sidoarjo, Gresik kita akan tetap hubungkan ke Provinsi Jawa Timur,” terangnya. 

Melalui audiensi ini, Dewi berharap, semoga dapat membawa media online Sapanusa.id dengan Diskominfo Jatim lebih maju lagi dalam hal digitalisasi.

“Sebab menurut kami informasi tentang digitalisasi Pemprov Jatim itu sangat penting mengingat menyangkut pelayanan masyarakat. Kita akan mengupas tuntas semua yang ada. Jadi jangan bayangkan Sapanusa.id sama dengan media-media online lain. Meski dinas pemerintahan sekarang sudah memiliki website sendiri, kami akan siap berperan sebagai jembatan, mengambil informasi dari web-nya Kominfo dan kami juga akan ke OPD-OPD lainnya,” kata Dewi. (vin/ ) 

#Diskominfo Jatim #kolaborasi #Dinas Kominfo Jatim #Kadiskominfo Jatim #media online #berita