Jumat, 17 Mei 2024

Diskominfo Jatim dan ITS Bahas Pemanfaatan Open Government

Diunggah pada : 7 Maret 2023 17:42:38 101
Pemanfaatan Platform Open Government Jawa Timur, Selasa (7/3/2023) di Kota Malang.

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) bersama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya membahas pemanfaatan platform Open Government Jawa Timur sebagai alat bantu pengambilan keputusan strategis pemerintah, Selasa (7/3/2023) di Kota Malang.

Manager Kawasan Science Technopark Teknologi Informasi dan Komunikasi (STP TIK) dan Robotika ITS, Endroyono menerangkan urgensi integrasi data Kabupaten/Kota untuk mendukung keputusan strategis pemerintah berbasis big-data. 

“Ketika berbicara big-data, data yang kita lihat di permukaan bisa saja berbeda dengan data yang tersembunyi. Maka, menjadi penting melihat data yang tersembunyi untuk mengambil keputusan,” kata Endroyono di depan peserta yang hadir secara luring dan daring. 

Ia pun memaparkan beberapa keunggulan platform Open Government Jawa Timur, yaitu mempunyai sistem akuisisi data yang disempurnakan, mempunyai fitur pembangunan data-set yang sangat fleksibel, dan merupakan kamus data yang disesuaikan dengan arahan prioritas SPBE. 

Selain itu, platform ini mampu mengolah data terstruktur, tidak terstruktur, sentiment analysis, data berbasis IOT serta berbasis pendekatan big-data. Ada juga pengayaan data, dari yang bersifat akumulatif ke real-time, termasuk by name by address. 

“Di sini juga ada model statistik yang dapat dipilih untuk melakukan prediksi. Jadi bisa dimanfaatkan untuk OPD hingga sistem pengambilan keputusan dengan fitur model prediksi yang dapat dipilih,” terangnya. 

Dalam kesempatan ini, platform Open Government Jawa Timur disimulasikan secara langsung di hadapan peserta. Selain itu, juga ada penyerahan Buku Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) kepada Kepala Diskominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin dari CEO INIXINDO, Andi Yuniantoro. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Forum Kolaborasi SPBE Kabupaten/Kota se-Jatim yang digelar selama 2 (dua) hari dari tanggal 7 s.d. 8 Maret 2023. 

Agenda lainnya berupa penandatanganan kerja sama pemanfaatan aplikasi SuKMa-e Jatim dan penyampaian materi tentang transformasi digital untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, pemanfaatan pusat data nasional untuk mewujudkan keterpaduan layanan SPBE, serta strategi persiapan evaluasi SPBE 2023. (idc/n)

#Diskominfo Jatim #big data #Open Government #Institut Teknologi Sepuluh November