Kamis, 2 Mei 2024

Disdukcapil Bojonegoro Mengadakan Sosialisasi Layanan Adminduk Tahun 2022

Diunggah pada : 24 Agustus 2022 14:30:00 260
Sosialisasi Layanan Administrasi Kependudukan Tahun 2022 di Pendopo Kecamatan Kedungadem pada Rabu (24/8/2022).

Jatim Newsroom - Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sosialisasi Layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Tahun 2022 di Pendopo Kecamatan Kedungadem yang dihadiri oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah secara virtual, pada Rabu (24/08/2022).

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan bahwa integrasi data sangat penting. Seperti halnya dalam mengurus dokumen kependudukan yang berbasiskan satu data dalam eKTP.

“Dulu mengurus KTP masih di satu tempat sehingga daerah yang jauh contohnya Sekar atau Margomulyo harus menguras waktu, tenaga dan biaya dulu. Belum lagi jika mengurus KTP milik istrinya atau keluarga lainnya sehingga enggan mengurus yang kemudian pada akhirnya membuat data BPJS, KIS atau lainnya banyak yang tidak memiliki KTP,” ucap Bupati Anna.

Bupati Anna juga mengatakan operator di desa dan kecamatan merupakan orang yang penting. Terutama dalam hal pelayanan dokumen kependudukan. Dengan pelayanan hingga tingkat desa akan semakin mempermudah masyarakat untuk kepengurusan dan menghemat dari segi waktu, tenaga serta biaya bahkan yang berhalangan akan dijemput bola untuk foto.

Kepala Disdukcapil Yayan Rohman mengatakan tujuan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran semua pihak terhadap arti penting dokumen kependudukan, serta peningkatan pelayanan Adminduk sejalan dengan tuntutan pelayanan Adminduk dan perkembangan teknologi.

Menurut Yayan dalam rangka menjabarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bojonegoro, pihaknya telah mengubah sistem pelayanan yang semula layanan hanya satu terpusat di Kantor Disdukcapil yang sekarang menjadi 30 tempat pelayanan. Ada di kantor dinas, di mall pelayanan, dan 28 lainnya berada di masing-masing kantor kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro yang dilakukan sejak tahun 2020 secara bertahap agar lebih mendekatkan pelayanan Adminduk sehingga masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan cukup datang di kantor desa.

Hadir dalam kegiatan ini  Camat Kedungadem dan Sugihwaras, Kepala Desa dan operator se-kecamatan Kedungadem dan Sugihwaras. (yan/n)

 

#bojonegoro