Senin, 6 Mei 2024

Disbudpar Bojonegoro Gelar Pawai Budaya

Diunggah pada : 29 Agustus 2022 17:42:30 345
Bupati Bojonegoro menyapa warga Bojonegoro

Jatim Newsroom - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar Pawai Budaya, bertema Pesona Budaya Bojonegoro, merepresentasikan Bojonegoro lewat penampilan yang menunjukkan kekayaan seni dan budaya yang beragam, Minggu (28//8/2022).

Rangkaian acara Pawai Budaya ini untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Peserta meliputi pelajar di tingkat SLTA/SMK/MA/Perguruan Tinggi/Umum. Rute pawai melalui Jl. P. Mas Tumapel – Jl. Mastrip – Jl. MH. Thamrin – Jl. Panglima Sudirman – Jl. Teuku Umar –  Jl. WR. Supratman – Jl. Rajawali - Jl. Imam Bonjol.

Kepala Disbudpar Budiyanto mengatakan tujuan kegiatan ini untuk menggali, mensosialisasikan, serta mengedukasi warga mengenai seni budaya. Selain itu juga untuk melestarikan seni dan budaya.

"Pelaksananan dua hari. Minggu ada 31 peserta. Dengan rincian 13 kelompok dari SMA, SMK dan MA. sementara 18 kelompok perguruan tinggi dan umum. Sementara  Senin. (29/8/2022). untuk SD/MI dan SMP/MTs sebanyak 27 peserta," jelas Budiyanto.

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awannah dalam sambutan dan arahannya mengatakan, sudah dua tahun lebih Bojonegoro tidak mengadakan pawai budaya. "Saya melihat masyarakat sangat antusias dengan adanya pawai budaya ini. Selain untuk memupuk budaya Bojonegoro, juga menumbuhkembangkan sektor-sektor ekonomi utamanya produk Bojonegoro," ujar Bupati.

Dalam momen ini, Bupati Bojonegoro juga turut menyapa warga Bojonegoro dan menggunakan produk putra daerah dan mengajak untuk menghargai produk lokal karena seni dan desain lokal juga cantik, menarik dan berdaya saing tinggi.

"Ke depan kami juga mendorong putra-putri untuk terus berinovasi. Dan sebentar lagi akan ada Nglenyer Fashion Week yang melibatkan putra-putri daerah," ucap Bupati .

Bupati berharap, kontribusi muda-mudi terus berinovasi dan menumbuhkan sektor usaha termasuk mengurangi angka pengangguran. Selain itu, Bupati Anna juga berpesan untuk menjaga kamtibmas dan prokes termasuk menjaga kesehatan.

Dan pemukulan oklik adalah pertanda dimulainya Pawai Budaya Kabupaten Bojonegoro Tahun 2022. Hadir dalam Pawai. Budaya, jajaran Forkopimda, DPRD, jajaran asisten, staf ahli dan kepala OPD, dewan juri, serta seluruh peserta dan warga.  

Terdapat 31 peserta yang diantaranya mengangkat tema seni budaya yang berbeda. seperti Wali Kidangan, Legenda Bayi Rondo Kuning, Sendang Nanom, hingga Tradisi Wiwit Panen Padi, Tari Tayub, dan Legenda Bremono Bremani. Semua adalah khas lokal Bojonegoro. (yan/n)

 

 

#bojonegoro