Jumat, 26 April 2024

Dinkes Bojonegoro Sosialisasikan Germas

Diunggah pada : 18 Juni 2022 0:53:55 39
Sosialisasi kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui program talkshow edisi Jum'at (17/6/2022).

Jatim Newsroom – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro mensosialisasikan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui program talkshow edisi Jum'at (17/6/2022).

Dr.Lucky Imroah - Kabid Kesehatan Masyarakat yang menjadi narasumber mengatakan salah satu wujud dari pelaksanaan Germas adalah melakukan aktivitas fisik setiap hari minimal 30 menit. Aktivitas fisik menjadi salah satu pilar utama Germas.

“Bukan hal baru lagi, jika bergerak dapat bikin tubuh lebih sehat. Kalori dan lemak dalam tubuh kita akan terbakar lebih sempurna menjadi energi saat lebih aktif bergerak. Otot tubuh dalam  juga bisa terbentuk lebih kuat ketika kita senang atau bahkan hobi olahraga. Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, “jelas Lucky.

Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan RI secara khusus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui Germas guna mewujudkan Indonesia sehat. Germas sendiri merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Germas tidak hanya dalam bentuk gerakan saja,  mempertahankan gaya hidup sehat lain seperti istirahat yang cukup, menemukan cara untuk mengatasi stres dengan cara yang sehat, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang menjadi dapat meningkatkan kualitas kesehatan seseorang. (yan/n)

#bojonegoro