Minggu, 28 April 2024

Dibuka 13 Mei 2022, Ayo Daftar Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka!

Diunggah pada : 12 Mei 2022 11:10:21 2622
Sumber Foto: Website Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Jatim Newsroom – Pendaftaran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan kedua akan dibuka pada tanggal 13 Mei 2022. PMM merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek), Direktorat Jenderal Pendidikan dan Teknologi (Ditjen Dikti) yang memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan pertukaran pelajar pada Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia. Program ini telah meluncurkan angkatan pertama pada 2021 silam. Kini, PMM hadir dengan membuka kuota lebih banyak.

Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat menggunakan hak belajarnya di luar program studi dan perguruan tinggi asal. Mahasiswa bisa memilih Perguruan Tinggi (PT) Penerima dengan lokasi di klaster yang berbeda dengan klaster lokasi PT Pengirim dan domisili asal mahasiswa (berdasarkan KTP).

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui instagram PMM @pertukaranmahasiswamerdeka; laman PMM yakni https://program-pmm.id; dan surat elektronik PMM yakni pmm-01@kemdikbud.go.id.  

Adapun kriteria calon pendaftar Mahasiswa PMM angkatan kedua, antara lain:

  • Mahasiswa aktif di bawah Kemendikbudristek, terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), dan duduk pada semester dua sampai enam saat periode pendaftaran;
  • Belum pernah mengikuti Program PMM Tahun 2021;
  • Tidak sedang terdaftar aktif dalam Program Kampus Merdeka yang lain pada saat program berlangsung;
  • Tidak pernah dikenakan sanksi akademik dan non akademik;
  • Memiliki surat izin dari PT Pengirim;
  • Mendapatkan izin orang tua/wali untuk mengikuti PMM 2;
  • Memiliki IPK minimal 2,75 pada saat periode pendaftaran PMM 2;
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  • Memiliki atau bersedia membuat rekening aktif Bank Rakyat Indonesia (BRI) atau Bank Syariah Indonesia (BSI) atas nama Mahasiswa bersangkutan;
  • Diutamakan memiliki asuransi kesehatan yang aktif berupa BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat (KIS);
  • Telah menerima minimum dua dosis vaksin Covid-19; dan
  • Bersedia mentaati seluruh ketentuan PMM 2 dan bersedia menerima konsekuensi atas pelanggaran terhadap ketentuan PMM 2.

Di samping ruang jumpa yang dinamis, ciri khas PMM 2 lainnya adalah kegiatan Modul Nusantara yang memiliki nilai bobot 4 sistem kredit semester (SKS). Kegiatan tersebut akan memberikan pengalaman kebhinekaan yang dikemas dalam beberapa kegiatan khusus.

Adapun kegiatan dalam Modul Nusantara, yaitu 1) aktivitas eksplorasi keanekaragaman budaya, agama, dan sejarah di kawasan perguruan tinggi penerima; 2) inspirasi yang diselenggarakan untuk menggali inspirasi dari figur-figur inspirasi daerah; 3) refleksi melalui diskusi, gelar wicara (talk show), dokumentasi, dan tulisan, serta 4) kontribusi sosial yang dilakukan dengan beragam aktivitas. (idc/s)

#pertukaran mahasiswa merdeka #kemendikbudristek