Selasa, 7 Mei 2024

Apresiasi Bunda PAUD di Provinsi dan Kabupaten/Kota

Diunggah pada : 8 November 2023 17:28:50 48
Kemendikbudristek RI mengapresiasi Bunda PAUD tingkat provinsi dan kabupaten/kota, di Hotel Mercure Ancol, Jakarta. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI mengapresiasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat provinsi dan kabupaten/kota dalam mengawal Gerakan Transisi PAUD ke SD yang bahagia dan menyenangkan. 

Hal ini terungkap saat kegiatan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 7-8 November 2023.

Mengutip laman resmi Pemkab Mojokerto, Rabu (8/11/2023), pada hari pertama kegiatan tersebut, dilaksanakan diskusi tanya jawab dengan tema “Kolaborasi: Kunci Mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan” bersama Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PDM) Kemendikbudristek RI, Iwan Syahril; Psikolog Rose Mini; dan Moderator Shahnaz Haque.

Dirjen PDM Kemendikbudristek RI, Iwan Syahril, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi penuh kepada Bunda PAUD dan Pemerintah Daerah yang turut serta dalam membangun Gerakan Merdeka Belajar.

"Mari lanjutkan gerakan ini, karena sejauh ini sudah memberikan dampak yang baik untuk pendidikan dan memberikan perubahan lebih baik untuk masa depan Indonesia. Lebih dari 500 SD yang telah berhasil menerapkan belajar mandiri dengan adanya program Merdeka Belajar," kata Dirjen PDM.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU), Itje Chodidjah menyampaikan UNESCO akan terus berupaya dalam memberikan kontribusi signifikan untuk perawatan dan pendidikan bagi anak usia dini. Usia 0-5 Tahun merupakan masa emas, sehingga penting ditanamkan 6 kemampuan pondasi anak.

"Peranan Bunda PAUD sangat penting sebagai kunci untuk mengubah mindset masyarakat dan orang tua dalam penerapan Gerakan Transisi Paud ke SD yang menyenangkan," ucap Ketua KNIU. 

Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto, Ikfina Fahmawati juga menerima penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023. Penghargaan kategori Wiyata Darma Pratama ini diberikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, di Hotel Mercure Ancol, Jakarta. Dalam kesempatan ini Bunda PAUD Nasional, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo melakukan tanya-jawab dengan Bunda PAUD dari daerah. Ia mengajak para Bunda PAUD untuk bersama-sama melaksanakan merdeka bermain bagi anak PAUD dan SD. (idc/s)

#kemendikbudristek #pendidikan #Kabupaten Mojokerto #BUNDA PAUD