Senin, 15 Juli 2024

Desa Pendem Kota Batu Laksanakan Panen Raya Padi

Diunggah pada : 6 Juni 2024 10:22:09 49

Jatim Newsroom- Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, bersama Forkompimda dan anggota Kelompok Tani, melakukan panen raya padi di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Dalam kesempatan ini Pj. Wali Kota Batu mengaku sangat bersyukur atas keberhasilan kelompok tani di Desa Pendem, hingga bisa melakukan panen raya di lahan seluas 32 hektar.

Mengutip laman Pemerintah Kota Batu, Kamis (6/6/2024), Desa Pendem sendiri saat ini mempunyai luasan potensial padi sekira 250 hektar tetapi dalam satu tahun hanya bisa melakukan 1 kali sampai 2 kali panen, akibat kekurangan suplai air. Padahal sebenarnya bisa panen hingga 3 atau 4 kali setahun.

Petani berharap kedepannya bisa mendapatkan bantuan swadaya berupa pemasangan saluran air bawah tanah untuk mengaliri sawah, supaya potensi luasan padi di desanya bisa dimaksimalkan hingga 400-600 hektar. Sedangkan, produktivitas padinya selama setahun sebesar 6.21%.

"Struktur sarana pertanian harus segera dilengkapi, karena mereka adalah pahlawan kita di bidang pangan. Agar kita segera komunikasikan dengan pemerintah pusat dan TNI, mungkin ada inovasi yang bermanfaat di bidang pertanian. Saya lihat banyak sekali alat yang bisa dimanfaatkan oleh petani," kata Aries.

Dalam kegiatan panen raya ini, Aries juga menyampaikan bahwa pembangunan di sektor pertanian Kota Batu semakin membaik berkat partisipasi masyarakat, kelompok tani, pihak desa, bahkan TNI dan Polri yang bersama-sama memajukan pertanian di Kota Batu.

Aries berharap keberhasilan Desa Pendem dalam mengelola lahan pertanian, bisa menjadi wilayah unggulan dan menjadi andalan di sektor pertanian tanaman pangan di Kota Batu.

Diharapkan pula, dengan berbagai terobosan, nantinya tidak hanya komoditi padi saja. Namun juga tanaman lainnya, seperti sayur mayur yang telah menjadi unggulan, mampu meningkatkan daya saing wilayah Kota Batu dan menjadikannya lebih makmur dan sejahtera.

Sementara itu, Dandim 0818 Letkol Infanteri Yudo, yang di daulat memberikan sambutan, dalam arahannya menyampaikan bahwa sebagai sinergitas kebijakan, telah dibangun kolaborasi antara TNI AD dengan Kementerian Pertanian. Terutama dalam membantu para petani dalam mengatasi berbagai kendala peningkatan produksi padi.

Sebagai tindak lanjut sinergitas kebijakan tersebut, Dandim menyampaikan bahwa di wilayah teritorial Kodim 0818 Malang - Batu, telah dilaksanakan berbagai program untuk membantu petani padi. Diantaranya seperti diadakannya program pompanisasi untuk mengatasi kendala air irigasi pertanian. (van/hjr)

#panen raya #pertanian #kota batu #Penjabat Wali Kota Batu