Sabtu, 4 Mei 2024

Delapan Mahasiswa Stikosa-AWS Raih Beasiswa BRIN

Diunggah pada : 25 Mei 2023 14:31:55 78
Delapan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS) lolos seleksi mahasiswa penerima beasiswa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui program Bantuan Riset Talenta (BARISTA) 2023

Jatim Newsroom- Delapan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS) lolos seleksi mahasiswa penerima beasiswa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui program Bantuan Riset Talenta (BARISTA) 2023, yaitu Alif Sioux Ramli, Angger Prasetyo, Dwi Bagus Sunyoto, Ega Oktasya, Ilham Prahardani, Leni Setya Wati, M. Zainal Arifin dan Syahwaldan Rizky.  Mereka berhak mendapat bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) maksimal sebesar Rp 5 juta selama 2 semester dan bantuan biaya riset. 

Menurut Kepala Badan Administrasi Akademis dan kemahasiswaan Stikosa-AWS, Riesta Ayu Octarina, Kamis (25/5/2023), sebagian besar mahasiswa penerima beasiswa merupakan mahasiswa yang aktif dikegiatan kampus.  Alif Sioux Ramli dan Syahwaldan Rizky tahun sebelumnya juga lolos dalam seleksi Program Pengembangan Usaha Mahasiswa (P2MW) yang tiap tahun diadakan Direktorat Kemahasiswaan Depdikbud. 

Sedangkan Bagus Sunyoto merupakan mantan ketua umum UKM Surabaya Muda, salah satu unit kegiatan mahasiswa di Stikosa-AWS. Menyitir laman brin.go.id, program BARISTA merupakan program pemberian bantuan UKT dan riset kepada mahasiswa aktif tingkat akhir jenjang Diploma 4 dan Sarjana (S1, S2, S3) untuk menyelesaikan tugas akhir penelitian yang berbasis kerja sama riset di unit kerja lingkungan BRIN.

Syarat mendapatkan beasiswa BRIN antara lain memiliki proposal riset yang sedang dilakukan untuk menyusun tugas akhir berkolaborasi dengan kelompok riset di Lingkungan Badan Riset dan Inovasi Nasional. Selain itu harus mendapat rekomendasi dari universitas, rekomendasi dari mentor atau pembimbing dari unit kerja di BRIN, dan sudah mengikuti mata kuliah metode penelitian.

Syarat lain, tidak double funding pada komponen yang sama, dan menyampaikan luaran program (skripsi/ tesis/ disertasi) serta mendaftar melalui sistem informasi BARISTA. Berdasar syarat itu, delapan mahasiswa ini dinilai memenuhi syarat dan lolos seleksi sehingga berhak memperoleh beasiswa. (hjr)

#STIKOSA #Stikosa-AWS