Minggu, 19 Mei 2024

Dekranasda Jatim Terus Dukung Pemerintah Majukan UMKM

Diunggah pada : 16 Mei 2023 19:54:56 76
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak pada acara Syukuran dan Pameran dalam rangka HUT ke-43 Dekranas, di Medan, Selasa (16/5/2023).

Jatim Newsroom - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak mengatakan pihaknya akan terus mendukung pemerintah dalam upaya memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini Ia sampaikan ketika ditemui pada acara Syukuran dan Pameran dalam rangka HUT ke-43 Dekranas, di kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (16/5/2023).

"Pemerintah ingin memberikan keringanan dari mulai pelatihan yang gratis kemudian insentif untuk para UMKM dan juga bagaimana distribusi dari mulai bidang produksi, hulu sampai hilir bisa lebih efisien bisa lebih mudah. Di situ pemerintah hadir dari mulai pembangunan infrastruktur, fasilitasi pelatihan, dan seterusnya," kata Arumi.

Senada Ibu Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Umum Dekranas, Wury Ma'ruf Amin, menyampaikan berbagai program kerja maupun kegiatan pembinaan baik Dekranas maupun Dekranasda telah didedikasikan demi mengangkat kesejahteraan para perajin.

"Program-program tersebut diharapkan dapat terus dijalankan secara berkesinambungan sehingga perajin kita semakin berdaya saing dan produk-produk kerajinan nusantara berbasis warisan tradisi dan budaya bangsa semakin diminati masyarakat," tegas Ketum Dekranas dalam acara yang dibuka oleh Ibu Negara sekaligus Pembina Dekranas, Iriana Joko Widodo ini.

Ibu Menteri Perhubungan RI yang sekaligus Ketua Panitia HUT ke-43 Dekranas, Endang Budi Karya menyampaikan tema yang diangkat kali ini adalah "Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya".

Adapun rangkaian kegiatan dimulai sejak 3 Maret 2023 berupa kegiatan pembinaan terhadap para perajin mulai dari pelatihan, pendampingan, bantuan modal kerja, fasilitas promosi dan pemasaran, baksos dan bazar murah, webinar, talkshow, hingga fasilitasi kemudahan perijinan.

"Hingga hari ini syukuran, peresmian pelatihan wirausaha baru Dekranas Tahun 2023, dan Dekranas Expo di Lapangan Benteng selama enam hari tanggal 16 sampai dengan 21 Mei 2023," tuturnya. (idc/s)

#Dekranasda Jatim #HUT 43 Dekranas #Medan