Minggu, 19 Mei 2024

Dekranasda Jatim Ikut Rayakan HUT ke-43 Dekranas di Medan

Diunggah pada : 16 Mei 2023 19:49:55 162
Dekranasda Jatim Ikut Rayakan HUT ke-43 Dekranas dan Dekranas Expo, di Medan, Selasa (16/5/2023). Foto: Istiq/JNR

Jatim Newsroom - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur berpartisipasi dalam acara Syukuran dan Pameran HUT ke-43 Dekranas, di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara, Selasa (16/5/2023).

Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak, mengatakan, Jawa Timur memiliki keunggulan yaitu sudah didasari budaya yang beragam dan memiliki kabupaten/kota terbanyak se-Indonesia.

"Budaya itu biasanya adalah inspirasi dari terbentuknya kriya-kriya. Ditambah lagi, orang Jatim itu diuntungkan dengan budayanya yang pekerja keras, serta lokasi yang strategis ada di tengah-tengah Indonesia," kata Arumi.

Keunggulan tersebut menurut Arumi perlu didukung oleh pemerintah baik pusat maupun daerah. "Harapannya dengan banyak support mulai tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga desa untuk UMKM sendiri bisa menjadi salah satu sektor yang paling maju untuk Indonesia," terangnya.

Dalam kesempatan ini, Ibu Negara sekaligus Pembina Dekranas, Iriana Joko Widodo, menyampaikan selamat atas HUT ke-43 Dekranas sekaligus membuka secara resmi Pelatihan Wirausaha Baru Dekranas Tahun 2023.

"Saya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional ke-43 tahun 2023. Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim saya resmikan pembukaan pelatihan wirausaha baru Dekranas tahun 2023. Terima kasih," ujar Iriana disambut tepuk tangan hadirin.

Sementara itu, Ibu Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Umum Dekranas, Wury Ma'ruf Amin, menjelaskan, tema "Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya" mengandung makna bahwa Dekranas diharapkan dapat selalu menjadi wadah dalam melakukan penumbuhan dan pembinaan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil dan Menengah (IKM) khususnya sektor kerajinan.

"Ini penting agar bisa mendorong terciptanya wirausaha baru yang semakin tumbuh dan maju sehingga dapat kembali bangkit berjaya terutama setelah melewati masa pandemi. Semoga ke depan kita semakin bersemangat dalam mengangkat dan menghidupkan kerajinan nusantara," tegas Ketum Dekranas.

Kemudian Ibu Menteri Perhubungan RI yang sekaligus Ketua Panitia HUT ke-43 Dekranas, Endang Budi Karya, menyampaikan kegiatan puncak peringatan ini dihadiri sebanyak 1.496 tamu undangan dan didukung lebih kurang 120 seniman untuk pertunjukan Getaran Karya Rasa.

Adapun rangkaian kegiatan dimulai sejak 3 Maret 2023 berupa kegiatan pembinaan terhadap para perajin mulai dari pelatihan, pendampingan, bantuan modal kerja, fasilitas promosi dan pemasaran, baksos dan bazar murah, webinar, talkshow, hingga fasilitasi kemudahan perijinan.

"Hari ini syukuran, peresmian pelatihan wirausaha baru Dekranas Tahun 2023, dan Dekranas Expo di Lapangan Benteng selama enam hari tanggal 16 sampai dengan 21 Mei 2023," tuturnya.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, pun menyampaikan terima kasih karena berkat kegiatan ini Kota Medan menjadi daerah penggerak para perajin se-Indonesia.

"Kegiatan ini menunjukkan bahwa Kota Medan hari ini menjadi salah satu motor penggerak, daerah yang menjadi perhatian dari Dekranas untuk melihat dan memandang para perajin di Kota Medan bisa tumbuh dan berkembang sehingga bisa memajukan Indonesia ke depan," katanya. (idc/s)

#Dekranasda Jatim #HUT 43 Dekranas #Medan