Sabtu, 18 Mei 2024

Dekranasda Jatim Gelar Rapat Koordinasi Daerah 2023

Diunggah pada : 13 November 2023 13:56:17 244
Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak dan Sekretaris Dekranasda Jatim yang juga menjabat Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Aftabuddin Rijaluzzaman memimpin Rapat Koordinasi Daerah Tahun 2023, di Surabaya, Senin (13/11/2023). Sumber Foto: Henry/JNR

Jatim Newsroom – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Daerah Tahun 2023, di Surabaya, Senin (13/11/2023). Pada kesempatan ini, Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak, memaparkan program kerja selama tahun 2023. Sementara Sekretaris Dekranasda Jatim yang juga menjabat Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Aftabuddin Rijaluzzaman, memaparkan Rencana Program Kerja Dekranasda Jatim Tahun 2024. 

“Kami membagikan apa yang sudah kami lakukan di tahun 2023, dan ini bisa menjadi bahan evaluasi. Mudah-mudahan di tahun 2024 yang sudah bagus dapat berkembang dan yang kurang bagus kita ganti dengan yang lebih bagus lagi,” ujar Arumi di hadapan pengurus Dekranasda kabupaten/kota se-Jatim. 

Arumi menerangkan sejumlah aktivitas yang telah dilaksanakan selama tahun 2023. Ada sosialisasi keamanan pangan bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), inkubasi bisnis produk fashion bagi SMK, workshop pelatihan singkat pembuatan produk dan manajer IT Entrepreneur, serta pelatihan pembuatan produk penguatan usaha KUKM. 

Selain itu, ada HUT Dekranasda dan lomba fashion show, batik bordir dan aksesoris fair, pameran partisipasi HUT Dekranas, kampung kreasi, Basha Market, pameran KUKM Expo, hingga Festival Indonesia 2023 di Korea Selatan. 

“Kami juga melaksanakan Millenial Fashion Boothcamp 2023 dan membuat Jamanika Resti Wastra Jawi Wetan. Sejumlah dukungan terhadap ekonomi kreatif juga kami lakukan yaitu di East Java Fashion Harmony, ASEAN Tourism Forum, Pameran Fiesta Ramadan UKM/UMKM Jatim, Jatim Super Exhibition Fair, Pameran Kriya Nusa, dan Jatim Fest,” papar Arumi. 

Adapun beberapa program Dekranasda di tahun 2023 adalah pameran batik bordir aksesoris di Surabaya, pameran Kriya Nusa di Jakarta, pameran Hari Batik Nasional di Jakarta, serta webinar peningkatan daya saing produk IKM Jatim melalui SNI dan webinar workshop pembuatan konten promosi produk IKM aneka industri dan kerajinan di Surabaya. 

“Kemudian ada pelatihan rebranding dan brand awareness bekerja sama dengan IT Telkom di Surabaya, pelatihan media komunikasi pemasaran bekerja sama dengan Universitas Wijaya Kusuma, dukungan pameran batik Ciprat Blitar pada pameran Kriya Nusantara di Yogyakarta, hingga kegiatan podcast dalam rangka meningkatkan daya saing dan promosi binaan Dekranasda Jatim,” terangnya. 

Sementara itu, mengenai rencana program tahun 2024, Aftabuddin Rijaluzzaman menggarisbawahi pada pembinaan dan bimbingan teknis keterampilan. Pertama, pembinaan peningkatan mutu kerajinan yang terdiri dari pelatihan finishing rotan dan batik ecoprint. 

Kedua, pengembangan manajemen usaha yang meliputi pelatihan manajerial dan marketing. Ketiga, peningkatan daya saing produk kerajinan yaitu pengembangan desain kerajinan. 

“Tugas kita ke depan adalah bagaimana pameran-pameran menjadi pasar utama dari teman-teman UKM di bawah Dekranasda kabupaten/kota untuk mereka bisa keluar karena banyak ada di desa-desa yang sulit untuk keluar. Kita kasih kesempatan kepada mereka untuk keluar agar mereka bisa promosi. Bahkan yang diharapkan adalah pascanya, order pasca promosi,” terangnya. (idc/s)

#Dekranasda Jatim #rapat koordinasi daerah #Arumi Bachsin Emil Dardak