Sabtu, 4 Mei 2024

Cabor Aeromodelling Kelas FA1 Putri Magetan Raih Emas

Diunggah pada : 11 September 2023 22:05:38 110
Ketua KONI Kabupetan Magetan, Bambang Trianto (berdiri baju hijau) dan peraih medali emas Cabor Aeromodelling Kelas FA1 Putri, Ketrina Suci Ariani (berjilbab) beserta para atlet kontingen Kabupaten Magetan Cabor Aeromodelling lainnya, saat foto bersama usai menerima medali di Lapangan Desa Banar, Kabupaten Sidoarjo, Senin (11/9/2023).

Jatim Newsroom – Kontingen Kabupaten Magetan Cabang Olahraga (Cabor) Aeromodelling kelas FA1 kategori putri, berhasil merebut medali emas, setelah memenangkan pertandingan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII/2023, di Lapangan Desa Banar, Kabupaten Sidoarjo, Senin (11/9/2023).

Atlet putri Cabor Aeromodelling kelas FA1 kontingen Kabupaten Magetan yang berhasil merebut medali emas tersebut, bernama Ketrina Suci. Saat ditemui usai menerima medali, Ia mengaku sangat bersyukur dan senang sekali karena dapat memenangkan pertandingan. “Pastinya saya bersyukur, karena kerja keras latihan saya tidak mengkhianati. Dan hasilnya cukup memuaskan,” ucapnya. 

Lebih lanjut, atlet Cabor Aeromodelling yang berusia 20 tahun ini mengungkapkan, beberapa hal yang dipersiapkan untuk pertandingan Porprov Jatim tentunya ialah latihan rutin setiap Sabtu dan Minggu. “Tapi untuk mendekati Porprov, porsi latihan kita ditambah harinya,” ungkap Ketrina. 

Ketrina berharap, ke depan semoga lebih banyak atlet Kabupaten Magetan yang berpotensi lagi untuk meningkatkan kualitas kemampuan Cabor Aeromodelling ini. 

Sementara itu, turut hadir mendampingi para atlet, Ketua KONI Kabupaten Magetan, Bambang Trianto menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi atlet-atletnya yang  berbakat karena  sudah dengan luar biasa meningkatkan porsi latihannya yang maksimal. Dikatakannya, setiap hari para atlet latihan untuk melaksanakan perlombaan ini.

“Persiapan para atlet tentunya latihan yang maksimal, apa yang kurang dievaluasi dan diperbaiki lagi. Saya berharap dengan kemenangan ini, nanti harus muncul atlet – atlet pemenang berikutnya dari Kabupaten Magetan dan adik-adiknya juga akan tetap mengembangkan kemampuan aeromodelling,” tutur Bambang. 

Bambang menilai, Cabor Aeromodelling ini adalah olahraga yang mengasyikkan meski kurang dikenal masyarakat. “Di Kabupaten Magetan sendiri ada lapangan udara yang mendukung olahraga ini. Maka aeromodelling harus tetap eksis di Kabupaten Magetan, kami akan tetap terus menyosialisasikan olahraga ini agar lebih dikenal masyarakat,” tukasnya. 

Pada pelaksanaan pertandingan Cabor Aeromodelling kelas FA1 ini, sebenarnya yang bertanding ada dua kategori yaitu putra dan putri. Namun, yang telah diumumkan pemenangnya hanya yang kategori putri. Hal tersebut, karena pada kategori putra ternyata, ada nilai seri atau jumlah nilai yang sama antara kandidat juara pertama dan kedua. 

Oleh karena itu, salah satu juri Cabor Aeromodelling, bernama Evi menjelaskan, untuk kategori putra kelas FA1, akan ada tambahan ronde pertandingan ulang. Diungkapkannya, ronde tambahan itu akan diadakan besok Selasa (12/9/2023), untuk memperebutkan juara satu dan dua. 

“Nilai-nilai yang sama itu sudah diketahui per manajer kontingen dari Kabupaten/Kota yang bertanding. Mereka akan dipanggil untuk diberitahu kesamaan nilai tersebut, dan diberitahu proses penilaiannya seperti apa berdasarkan kenyataan dan catatan waktu terbang. Sehingga tidak ada kecurangan dan penilaian akurat sekaligus terpercaya,” jelas Evi usai mengumumkan pemenang. 

Selanjutnya, Evi menerangkan cara penilaian pertandingan. Yakni, setiap peserta memainkan lima ronde, yang setiap rondenya mereka akan menghadapi juri berbeda. Karena setiap ronde mereka akan keliling pool yang ada juri atau wasitnya. 

“Juri itu akan tetap stay atau tinggal di pool masing-masing dari pool satu sampai sembilan. Yang rolling itu pesertanya, jadi peserta itu sudah dibagi. Misalnya, Kabupaten Kediri itu di pool satu, pool enam, atau pool lain, secara acak. Setiap rondenya mereka menempati pool berbeda tidak urut pool satu, dua, atau tiga, melainkan loncat-loncat. Sehingga satu pemain, menjalani lima ronde dan bisa menghadapi sepuluh juri yang menilai. Jadi rekap nilai itu gabungan dari semua juri,” pungkasnya. 

Adapun atlet peraih medali Cabor Aeromodelling kelas FA1 tersebut ialah, juara satu yang meraih medali emas, Ketrina Suci Ariani (Kabupaten Magetan). Juara dua yang meraih medali perak, Titis Kartika Candra Kirana (Kabupaten Lamongan), dan juara tiga peraih medali perunggu, Vara Puspita Devi Pradana (Kabupaten Blitar). 

Sebagai informasi, selain penyerahan medali kelas FA1, pada momen itu juga diserahkan beberapa medali dari kelas dan kategori lainnya. Yakni, Cabor Aeromodelling kelas OHLG dan kelas F1H. 

Penerima medali tersebut ialah : 

1. Kelas OHLG kategori putra, juara pertama Rimada Wahyu (Kota Blitar), juara kedua Mohammad Aditya Deni Fachreza (Kabupaten Kediri), juara ketiga Aldy Budi Setiawan (Kabupaten Blitar)

2. Kelas OHLG kategori putri, juara pertama Sukmana Argo Rahayuning (Kota Blitar), juara kedua Reyza Firnanda (Kabupaten Kediri), dan juara ketiga Nabila Yuke Ramadhani (Kabupaten Malang). 

3. Kelas F1H kategori putra, juara pertama Rahmat Nur Ramadan (Kabupaten Magetan), juara kedua Mohammad Aditya Deni Fachreza (Kabupaten Kediri), dan juara ketiga Rimada Wahyu Septian (Kota Blitar). 

4. Kelas F1H kategori putri, juara pertama Galoh Fitri Ramadhani (Kabupaten Kediri), juara kedua Alfi Syahrani Sudrajat (Kota Blitar), dan juara ketiga Muchlysa Putri Robbiatul (Kabupaten Blitar). (vin/hjr) 

#cabor baru PON #PORPROV Jatim #ketua koni jatim #Porprov Jatim VIII/2023 #aeromodelling #cabor aeromodelling #Kabupaten Magetan #KONI Kabupaten Magetan