Selasa, 14 Mei 2024

Bus Trans Jatim Koridor II Surabaya - Mojokerto Resmi Beroperasi 20 Agustus 2023

Diunggah pada : 18 Agustus 2023 10:09:43 9342
Kadishub Jatim, Nyono ditemui di DPRD Jatim. (pca)

Jatim Newsroom - Dinas Perhubungan (DIshub) Jawa Timur menyatakan bahwa Bus Trans Jatim koridor II dengan rute Surabaya - Mojokerto akan diresmikan dan beroperasi pada minggu (20/8/2023) mendatang di terminal Kertajaya Mojokerto.

Kadishub Jatim, Nyono dikonfirmasi, Jumat (18/8/2023) mengatakan persiapan untuk peresmian bus trans Jatim koridor II rute Surabaya - Mojokerto rencana akan diresmikan Gubernur Khofifah. Kemdian armada bus yang disiapkan sebanyak 22. “Yakni 20 armada untuk operasional dan 2 armada untuk cadangan. Untuk tiketnya bisa terusan dari koridor sebelumnya. Jadi ke Koridor I dalam waktu 2 jam bisa,” ujar Nyono.

Ia menjelaskan, tujuan utama penambahan koridor ini adalah memperbaiki wajah transportasi di Jawa Timur. Harapannya para pengguna motor ini bisa beralih naik Bus Trans Jatim. “Jadi kalau biasanya pada lampu merah, pengguna motor padat merayap, tapi antrian masyarakat naik Bus Trans Jatim,” terangnya.

Nyono mengatakan, pihaknya akan memberikan prioritas lalu lintas untuk bus Trans Jatim. Misalnya pada saat pengguna lalu lintas lain sedang lampu merah, ini ada lajur khusus untuk Bus Trans Jatim yang bisa jalan. “Ini yang kami rencanakan. Konsepnya seperti Bus Way di Jakarta bedanya kita tidak punya jalur khusus, sehingga wajar kalau ada keterlambatan 1-5 menit. Tapi aplikasi Trans Jatim ini memberikan kepastian, bahwa bus yang kita pesan sudah sampai dimana. Ini kepastian waktu untuk menunggu sehingga Bus Trans Jatim ini menjadi idola,” paparnya.

Lebih lanjut Nyono, menambahkan untuk dibukanya Bus Trans Jatim Koridor II ini untuk menggantikan bus mini hijau (Surabaya – Mojokerto) yang sudah tidak representatif. Menurutnya usia bus mini hijau ini sudah diatas 25 tahun. “Kita tahu pelayanannya ya begitu saja, makanya kita ganti dengan Bus Trans Jatim. Hanya saja, pengemudi bus mini hijau ini kita beri kesempatan untuk menjadi pengemudi Bus Trans Jatim. Sehingga mereka tidak kehilangan pekerjaan,” terangnya.

Koridor II ini, lanjut Nyono, bisa menjadi pengungkit destinasi budaya yang dimiliki Mojokerto. Sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. “Kita akan bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota yakni memberikan angkutan feeder ke destinasi wisata,” katanya.

Nyono menambahkan lagi, untuk yang Koridor III (Surabaya – Sidoarjo) akan diresmikan pada rangkaian HUT Provinsi Jawa Timur, Oktober mendatang. Rencananya koridor ini akan dibuka di Terminal Larangan. “Rute Koridor III ini Surabaya – Sidoarjo melalui arteri,” pungkasnya. (pca/hjr).

#bus trans Jatim #Dishub Jatim