Kamis, 9 Mei 2024

Bupati Mojokerto Berangkatkan Kirab Ta'aruf Kafilah MTQ dari18 Kecamatan

Diunggah pada : 17 November 2022 11:24:47 81
Sumber foto ; Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Menyemarakkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) pertama Kabupaten Mojokerto pada Jumat (18/11/2022) mendatang, serta memasyarakatkan nilai – nilai Islami di wilayah Kabupaten Mojokerto, Pemerintah Kabupaten menggelar Kirab Ta’aruf Kafilah MTQ dari 18 Kecamatan. Pada momen itu, Bupati Ikfina Fahmawati secara langsung memberangkatkan kirab dengan mengibarkan bendera start di halaman Pemkab Mojokerto, Rabu (16/11/2022).

Peserta yang mengikuti kirab sejumlah 159 orang, meliputi 18 rombongan yang menaiki mobil willys yang diantaranya terdiri dari pemenang lomba MTQ tingkat kecamatan beserta official dan Kepala seksi (Kasi) Kemasyarakatan. Selain itu, Rombongan kirab juga dikawal oleh 10 personil Banser, 10 personil Senkom, 10 personil Kokam, 5 personil Satpol PP. Juga terdapat 1 mobil hias, 1 bus mini, 1 mobil Ambulans, serta 1 mobil PMI.

Kirab melintasi rute yang dimulai dari halaman Pemkab Mojokerto menuju Jalan Majapahit, ke Jalan Raden Wijaya kemudian menuju Jalan Jayanegara, Jalan Raya Bangsal-Mojosari, Pesanggrahan Kutorejo, lalu dilanjutkan ke Daerah Dlanggu, Kintelan, Brangkal, dan finish di halaman Pemkab Mojokerto.

Kirab Ta'aruf Kafilah MTQ ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan pendukung pelaksanaan MTQ pertama di Kabupaten Mojokerto dengan serangkaian kegiatan yang digelar oleh Pemkab Mojokerto seperti Mojokerto Bersholawat, Bazar atau Pameran UMKM, serta berbagai perlombaan (Musabaqah), yaitu Tilawah, MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur'an), Tartil, Dai/Daiyah, dan Khat (Seni Menulis Naskah Qur'an).

Karena beberapa kegiatan telah digelar untuk menyemarakkan pelaksanaan MTQ pertama di Kabupaten Mojokerto ini, Bupati Ikfina sangat mengapresiasi kerjasama dan kerja keras dari seluruh pihak yang turut mendukung kegiatan ini, sehingga serangkaian kegiatan bisa berjalan dengan lancar.

"Matur nuwun sanget kepada panjenengan semuanya dan saya bersyukur, bahwa saya telah diberi kesempatan oleh Allah SWT menjadi kepala daerah Kabupaten Mojokerto untuk yang pertama kalinya menyelenggarakan MTQ di Kabupaten Mojokerto,"ucap Bupati Ikfina, melalui pers rilis Diskominfon Kabupaten Mojokerto.

Tak lupa Bupati Ikfina juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh Camat se-Kabupaten Mojokerto yang telah menyelenggarakan pelantikan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) serta melaksanakan kegiatan MTQ di kecamatan masing-masing, sehingga saat ini terdapat kafilah-kafilah terbaik dari kecamatan yang akan mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Mojokerto.

"Tentunya yang hadir di sini adalah Kafilah-kafilah terbaik dari masing-masing Kecamatan se-Kabupaten Mojokerto, tentunya nanti pemenangnya adalah Kafilah-kafilah terbaik yang akan mendapatkan kesempatan dan kehormatan amanah mewakili Kabupaten Mojokerto untuk MTQ di tingkat Provinsi Jawa Timur," terangnya.

Terkait kegiatan Kirab Ta'aruf Kafilah MTQ ini, Bupati Ikfina ingin menunjukkan bahwa Kabupaten Mojokerto sangat serius dalam memberikan perhatian kepada para pejuang-pejuang pecinta Alquran.

"Sehingga kita berharap bahwa masyarakat akan lebih termotivasi dengan melihat Kirab Pawai Ta'aruf ini nanti, untuk bersama-sama mengikuti jejak para Kafilah-kafilah untuk menjadi generasi yang cinta Al-Qur'an,"harapnya.

Bupati Ikfina juga berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat menjadi salah satu upaya dalam memulihkan segala aspek akibat dari pandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan tentunya ini akan membawa kebaikan untuk masyarakat Kabupaten Mojokerto dalam semua upayanya untuk melaksanakan pemberdayaan, pembangunan, dan pemulihan akibat dari pandemi covid-19. Untuk mendapatkan kebangkitan baik secara ekonomi, sosial, budaya, dan di semua bidang,"tutur Bupati Ikfina.

Sementara itu, terkait anggaran pelaksanaan kegiatan kirab ini, Asisten I Setda Kabupaten Mojokerto Didik Chusnul Yakin menjelaskan, terdapat berbagai sponsor yang mendukung kegiatan sehingga serangkaian pelaksanaan MTQ pertama di Kabupaten bisa berjalan dengan lancar.

"Ini luar biasa, kita berterimakasih karena ini juga atas kinerja teman-teman LPTQ yang Alhamdulillah sampai kemarin dana yang bisa kita himpun kurang lebih 103 juta,"ungkapnya.

Didik juga menjelaskan, pada pelaksanaan Kirab Ta'aruf Kafilah MTQ ini, di daerah Kutorejo akan disambut oleh masyarakat dengan drumband dan berbagai hiburan.

"Oleh karena itu, terima kasih pak Camat Kutorejo yang kemarin khusus menyiapkan penyambutan untuk Kafilah Kirab ini,"ucap Didik.

Dalam mendukung pelaksanaan Kirab Ta'aruf Kafilah MTQ ini, BPJS Ketenagakerjaan cabang Mojokerto juga memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada 350 panitia, official, dan peserta MTQ pertama Kabupaten Mojokerto.

Pada momen itu pula, Bupati Ikfina menyerahkan secara simbolis santunan program Jaminan Kematian (JKM) dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mojokerto sebesar 42 juta kepada ahli waris atas meninggalnya staf RSUD Prof. Dr. Soekandar alm. Evie Setya Rohmatin dan staf Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto alm. Mulyanto.

Sebagai informasi, pelaksanaan Kirab Ta'aruf Kafilah MTQ dihadiri pula oleh Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barraa, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Mojokerto, para asisten dan staf ahli Bupati Mojokerto, Ketua dan pengurus LPTQ kabupaten Mojokerto, juri dewan hakim MTQ Kabupaten Mojokerto, Kepala Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Mojokerto di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mojokerto. (vin)

#Kabupaten Mojokerto