Rabu, 22 Mei 2024

Bupati Irsyad : HNSI Kab Pasuruan Harus Terus Berkomitmen Untuk Perjuangkan Hak-hak dan Kepentingan Nelayan

Diunggah pada : 15 November 2022 13:36:54 36
Istimewa

Jatim Newsroom – Sebagai organisasi besar, eksistensi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pasuruan harus terus berkomitmen untuk memperjuangkan hak-hak dan kepentingan nelayan. Sehingga mereka lebih sejahtera serta dapat hidup layak.

Hal ini disampaikan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf pada saat menghadiri pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HNSI di Aula Pertemuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, Senin (14/11/2022).

“HNSI ini adalah salah satu organisasi besar yang ada di Indonesia. Salah satunya ada di Kabupaten Pasuruan. Sehingga organisasi ini harus bisa mengayomi seluruh nelayan dan bersinergi dengan instansi terkait untuk kesejahteraan dan kemakmuran nelayan di Kabupaten Pasuruan,” ujar Bupati .

Bupati juga mengatakan, pengelolaan sumberdaya perikanan dapat dilakukan dengan prinsip berkelanjutan serta berwawasan lingkungan. Targetnya, memberikan manfaat serta kemaslahatan bagi masyarakat Kabupaten Pasuruan, khususnya di wilayah pesisir pantai utara. HNSI juga diharapkan dapat mengedukasi anggotanya tentang cara menangkap ikan yang baik melalui sosialisasi atau kegiatan penyuluhan. Tentunya dengan menggunakan alat yang sesuai standar yang diperbolehkan oleh Pemerintah. Maka dari itu, dibutuhkan komunikasi dan sinergitas yang baik bersama instansi dan stakeholder terkait. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan sekaligus memajukan kapasitas nelayan.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Perikanan, Alfi Khasanah, Sekretaris DPD HNSI Provinsi Jawa Timur, Sutoyo M. Muslih 

Bupati bersama Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pasuruan pada kegiatan ini juga menyerahkan secara simbolis Sertifikat Hak atas Tanah bagi Nelayan (SeHaT Nelayan) kepada 5 orang perwakilan. Yakni para nelayan dari Desa Pulokerto, Kecamatan Kraton.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Perikanan, Alfi Khasanah, Sekretaris DPD HNSI Provinsi Jawa Timur, Sutoyo M. Muslih, Kasat Polairud Pasuruan, Dan Bakamla Pasuruan, Kepala BPJS Ketenakerjaan Pasuruan, Penyuluh Perikanan (PPL/PPB) Wilayah Pesisir dan Kepala Desa di wilayah pesisir Kabupaten Pasuruan. (yan/n)

 

#kabupaten pasuruan