Senin, 20 Mei 2024

Buku Elektronik Pemiludamaipedia Diluncurkan

Diunggah pada : 4 Desember 2023 15:20:02 20
Tangkapan layar gambar Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Usman Kansong saat meluncurkan buku elektronik Pemiludamaipedia, Senin (4/12/2023).

Jatim Newsroom – Sebagai salah satu sarana dalam menambah wawasan dan pemahaman masyarakat terkait Pemilu, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) meluncurkan buku elektronik Pemiludamaipedia, pada Senin (4/12/2023). 

Peluncuran buku elektronik Pemiludamaipedia tersebut, secara langsung diumumkan Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemekominfo RI, Usman Kansong. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan, buku elektronik Pemiludamaipedia dapat diakses di https: s.id/pemiludamaipedia. 

“Hadirnya Pemiludamaipedia adalah salah satu langkah Kemenkominfo dalam menjalankan fungsi selaku konduktor komunikasi publik, seperti yang telah juga kita lakukan pada berbagai peristiwa dan event nasional maupun internasional. Buku ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat memperoleh berbagai informasi Pemilu 2024,” tutur Usman. 

Lebih lanjut, Usman menerangkan, Pemiludamaipedia diharapkan bisa memberikan pengetahuan menyeluruh kepada masyarakat terkait berbagai hal Pemilu mulai proses tahapan hingga pelaksanaannya, agar masyarakat dapat turut mengambil peran menyukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024. 

“Di dalam Pemiludamaipedia masyarakat bisa mengetahui Daftar Pemilih Tetap atau DPT, jadi bisa mengetahui apakah dirinya sudah masuk DPT. Namun hal ini bukan untuk mengetahui semua data pemilih. Misalnya saya mau mengecek, apakah saya sudah terdaftar DPT, di Pemiludamaipedia disediakan sarananya dengan mengetik nama kita nanti akan keluar nama kita masuk di mana,” terangnya. 

“Jadi jangan salah paham seolah-olah di Pemiludamaipedia, kita bisa melihat seluruh DPT. Tidak seperti itu, jadi khusus untuk kita, atau mungkin keluarga kita dengan memasukkan nama,” sambung Usman. 

Selain itu, Usman menyebutkan, dalam Pemiludamaipedia, juga bisa dilihat anggota partai politik yang menjadi calon legislatif, hingga daftar calon sementara anggota DPR. “Ada juga profil partai politik, peserta Pemilu, profil calon presiden dan wakil presiden yang akan bertarung, dan yang tak kalah penting adalah jadwal pemilu 2024,” sebut Usman.

Di Buku elektroik Pemiludamaipedia ini, Usman menjelaskan, masyarakat bisa mendapatkan informasi atau berita yang terindikasi hoaks. “Jadi kita siapkan, cek berita hoaks. Sama juga dengan memasukkan kata kunci disitu, masyarakat bisa melaporkan kalau menemukan hoaks. Di buku ini juga ada layanan chat bot ‘ayo memilih’ sehingga masyarakat bisa berinteraksi secara langsung,” jelas Usman.  

Pada setiap gelaran pemilu , Usman mengatakan, atensi politik itu memang memanas, terutama di masa kampanye. “Karena itu, melalui komunikasi publik kita ingin mengajak masyarakat untuk tidak terpicu. Misalnya dengan memberikan komentar atau menanggapi berbagai isu dengan berbagai versi yang dipahami. Jadi kita ingin memberikan informasi yang benar dan akurat melalui buku Pemiludamaipedia, bahkan di dalamnya ada sejarah tentang pemilu-pemilu di Indonesia,” kata Usman. 

Usman berharap, hadirnya buku elektornik Pemiludamaipedia ini, semoga dapat memberikan pemahaman menyeluruh terkait pemilu. “Agar paling tidak diskusi-diskusi di ruang publik memberikan pendidikan poltik yang baik. Karena itu di dalamnya juga ada literasi-literasi terkait demokrasi di dalam kehidupan berbangsa,” harapnya. 

Di akhir sambutannya, Usman mengungkapkan, buku Pemiludamaipedia ini bersifat life document atau dokumen yang terus diperbarui isinya. 

“Jadi terus diperbarui dan up date, kalau ada perkembangan ataupun informasi baru. Dari penjelasan ini kami mengharap hadirnya Pemiludamaipedia, akan menjadikan masyarakat terhindar dari informasi keliru dan simpang siur, karena informasi dalam buku berasal dari sumber terpercaya. Kita harap Pemilu 2024 kita selenggarakan, dan bisa memberikan pendidikan politik yang berguna bagi kemajuan bangsa,” pungkasnya. (vin/s) 

#Pemilu 2024 #Kemenkominfo RI #Pemiludamaipedia #Dirjen IKP Kemenkominfo