Jumat, 14 Juni 2024

BPS Jatim: Pendidikan Modal Peroleh Pekerjaan Layak

Diunggah pada : 5 Januari 2024 10:55:31 41
Foto: Istimewa

Jatim Newsroom – Laporan Profil Angkatan Kerja Perempuan Provinsi Jawa Timur 2022, Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) melaporkan, pendidikan merupakan salah satu modal untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Lapangan pekerjaan yang tersedia di pasar kerja biasanya disertai dengan kualifikasi pendidikan tertentu. 

Mengutip laman BPS Jatim, Jumat (5/1/2024), keterbatasan pendidikan menyebabkan perempuan berpendidikan rendah sulit bersaing di pasar kerja. Umumnya mereka hanya dapat memperoleh pekerjaan yang tidak membutuhkan kualifikasi pendidikan, seperti pedagang, pembantu rumah tangga, buruh tani dan lainnya. 

“Keterbatasan ini yang kemudian menyebabkan tingkat pengangguran perempuan berpendidikan SD ke bawah relatif rendah. Rendahnya daya tawar angkatan kerja yang berpendidikan SD ini seringkali menyebabkan mereka bersedia mengerjakan pekerjaan apa saja yang tidak membutuhkan kualifikasi pendidikan tertentu,” ujar Kepala BPS Jatim, Zulkipli, melalui laporan ini. 

Dalam laporan ini juga disebut, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) perempuan berpendidikan menengah atas (SMA) dan perguruan tinggi merupakan yang tertinggi dibandingkan kelompok lainnya. 

Kelompok SMA ini tidak menemukan pekerjaan yang diinginkan karena rendahnya skill dan kualifikasi tenaga kerja yang dipersyaratkan oleh perusahaan yang tidak sesuai. 

Sedangkan kelompok perguruan tinggi merupakan kelompok pengangguran tertinggi kedua setelah SMA pada perempuan karena lulusan perguruan tinggi cenderung untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan keinginannya, sehingga membutuhkan waktu yang cukup untuk benar-benar mendapatkan pekerjaannya yang kemudian mengakibatkan pengangguran. (idc/s)

#Ketenagakerjaan #BPS Jatim #perempuan