Jumat, 3 Mei 2024

BPS Jatim Catat Jumlah Perempuan yang Tidak Terjun ke Pasar Kerja

Diunggah pada : 20 Desember 2023 12:40:11 63
Data Persentase Perempuan Bukan Angkatan Kerja Menurut Jenis Kegiatan dan Daerah Tempat Tinggal, 2022. Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) 2022 menunjukkan, dari 16,38 juta perempuan berusia 15 tahun ke atas di Jawa Timur, sebanyak 6,998 juta di antaranya memilih untuk tidak terjun ke pasar kerja. 

Mengutip laman Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (20/12/2023), dari kelompok tersebut, sebagian besar melakukan kegiatan rumah tangga seperti memasak, mencuci dan sebagainya. Kelompok ini dikategorikan sebagai kelompok mengurus rumah tangga yang mencapai sebanyak 77,12 persen (5,397 juta orang) dari perempuan bukan angkatan kerja.

“Dalam konsep melakukan kegiatan rumah tangga ini tidak termasuk perempuan yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga dan melakukan hal yang sama tapi mendapat upah atau gaji,” ujar Kepala BPS Jatim, Zulkipli, melalui Laporan Profil Angkatan Kerja Perempuan Provinsi Jawa Timur 2022. 

Sementara sisanya, lanjut Zulkipli, sebanyak 15,50 persen menyatakan masih bersekolah dan sebanyak 7,38 persen melakukan kegiatan lainnya yang tidak termasuk sekolah atau mengurus rumah tangga seperti olahraga, kursus, kegiatan sosial, termasuk yang tidak mampu melakukan kegiatan apapun seperti orang lanjut usia atau cacat jasmani.

Dalam laporan ini tercatat, kelompok yang memutuskan untuk tidak masuk ke dalam pasar kerja ini dikategorikan sebagai kelompok bukan angkatan kerja. Paradigma umum yang masih berkembang di masyarakat seperti perempuan yang hanya mengurusi masalah dapur, sumur, dan kasur turut mempengaruhi keputusan perempuan untuk tidak aktif secara ekonomi. (idc/s)

#Ketenagakerjaan #BPS Jatim