Rabu, 18 September 2024

Lewat Program Bangga Kencana

BKKBN Jatim Siap Songsong Nusantara Baru

Diunggah pada : 18 Agustus 2024 22:24:58 91
Foto : Humas BKKBN Jatim

Jatim Newsroom - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKB) Provinsi Jawa Timur siap menyongsong Nusantara Baru, Indonesia Maju dengan memenuhi target-target Program Bangga Kencana.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Maria Ernawati, saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tahun 2024 yang diikuti oleh seluruh karyawan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan busana dari seluruh Provinsi di Indonesia, Sabtu (17/08/2024).

Dalam pidatonya, Maria membacakan sambutan dari Kepala BKKBN RI, yang menekankan pentingnya tema peringatan HUT RI ke-79, yaitu 'Nusantara Baru, Indonesia Maju'. Tema ini dipilih untuk mencerminkan tiga tantangan utama yang tengah dihadapi Indonesia, yakni, persiapan perpindahan ibu kota baru, pergantian kepemimpinan nasional, dan persiapan menuju Indonesia Emas 2045.

Melalui pers rilisnya kepada Jatim Newsroom Minggu (18/8/2024), Maria menyampaikan, tantangan dalam menghadapi kondisi transisi pada tiga tantangan utama tersebut, membutuhkan adanya SDM yang dikembangkan. "Bukan hanya dari sisi kuantitas namun juga dari sisi kualitas baik secara fisik, keterampilan, karakter produktif, kedisiplinan serta penguasaan teknologi terkini,"jelas Kepala BKKBN Jatim yang kerap disapa Erna ini.

Salah satu tantangan dalam mempersiapkan SDM Indonesia yang berkualitas ini, menurut Erna, adalah karena masih tingginya angka stunting.

"Angka stunting hanya turun 0.1 persen dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 21.6 persen menjadi 21.5 persen," ungkap Erna.

Foto : Humas BKKBN Jatim

Berbagai intervensi spesifik dan sensitif, sambung Erna, telah dilakukan oleh pemerintah untuk menurunkan angka stunting. "Namun tugas kita masih cukup berat karena target di Tahun 2024 angka stunting harus diangka 14 persen," tambah Erna.

Erna pun melaporkan peningkatan kesertaan KB modern secara nasional dari 59,4% pada tahun 2023 menjadi 60,64% pada tahun 2024. Namun, Ia mengakui masih terdapat tantangan dalam pemerataan akses dan peningkatan kualitas pelayanan KB di seluruh Indonesia. "Untuk mengatasi hal ini, diperlukan inovasi dan integrasi pelayanan KB dengan program Bangga Kencana," ujarnya.

Erna pun memberikan pesan penting tentang integritas dan peran strategis pegawai BKKBN dalam pembangunan nasional.

Di tengah maraknya pemberitaan mengenai pegawai pemerintah yang terlibat dalam judi online, Erna menegaskan agar seluruh pegawai BKKBN menjaga nama baik institusi dan menghindari hal-hal yang dapat merusak citra instansi. Ia pun mengimbau pegawai untuk terus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi agar bisa bekerja lebih efektif dan efisien.

Diketahui, dalam agenda tersebut, Erna juga memberikan penghargaan Satya Lencana kepada pegawai negeri sipil yang telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas dalam bertugas selama 10, 20, dan 30 tahun, sebagai bentuk penghormatan atas pengabdian mereka bagi negara. (vin/s)

#stunting #HUT Kemerdekaan RI Ke - 79 #BKKBN Jatim

Berita Terkait

Rangkaian Anniversary ke-7 Tahun IPI
Ikatan Pelukis Indonesia Adakan Seminar...
18 Agustus 2024
thumb
HUT Kemerdekaan RI ke-79
Begini Sejarah Proses Penyebaran Kabar P...
11 Agustus 2024
thumb