Selasa, 21 Mei 2024

Bersama Kominfo Bojonegoro Dinkes Ajak Masyarakat Waspasa DBD

Diunggah pada : 1 Juli 2022 15:19:24 57
Program Sapa mengajak masyarakat Bojonegoro selalu waspada DBD, Jum'at (1/7/2022)

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bojonegoro bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro melalui program Sapa (Selamat Pagi) mengajak masyarakat Bojonegoro selalu waspada Demam Berdarah Dengue (DBD), Jumat (1/7/2022).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bojonegoro, dr. Whenny Dyah Prajanti mengatakan, tema DBD ini bertepatan dengan peringatan ASEAN Dengue Day 2022. Hal ini sebagai momentum pengingat bahwa negara-negara ASEAN merupakan daerah endemik DBD.

Menurut dr. Whenny, peringatan ASEAN Dengue Day 2022 menjadi salah satu bentuk kegiatan untuk memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat di negara Asia Tenggara untuk mampu mencegah penyebaran penyakit DBD dengan menerapkan 3M Plus, yaitu, antara lain : menguras tempat yang sering menjadi penampungan air, menutup rapat tempat-tempat penampungan air dan memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang), menggunakan obat anti nyamuk, memasng kawat kasa pada jendela, meperbaiki saluran air serta memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.

“Tujuan peringatan hari DBD adalah untuk meningkatkan komitmen nasional dan antar-anggota ASEAN pada upaya pengendalian demam berdarah. Baik pencegahan, penanggulangan, hingga tata laksana. Sehingga angka kejadian dan kematian akibat DBD dapat ditekan," jelas dr. Whenny.

Dr. Whenny mengimbau agar warga Bojonegoro khususnya, tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan segera lakukan pemeriksaan apabila mengalami gejala DBD seperti demam tinggi, nyeri otot, hingga mual dan muntah ke fasilitas kesehatan terdekat, agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Sementara itu berdasarkan data dari Dinkes Bojonegoro per Januari 2022, tercatat ada 112 kasus DBD. (yan/n)

 

#bojonegoro