Jumat, 10 Mei 2024

Bersama Kadin, Pemkab Pasuruan Luncurkan Gelang Kepang

Diunggah pada : 3 Februari 2024 22:18:26 25
Foto : ProKomPim Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan, Andriyanto, meluncurkan Gelang Kepang (Gerakan Penanggulangan Kerawanan Pangan) bersama dengan Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kabupaten Pasuruan, Eko Widiatmo, Sabtu (3/2/2024) di Wisata Sumber Nyamplung, Desa Plintahan, Kecamatan Pandaan.

Kegiatan ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan yang kian gencar mengoptimalkan sinergi kolaborasi bersama dunia usaha untuk mengendalikan laju inflasi daerah. 

"Pemkab Pasuruan bersama semua stakeholders terus berupaya mengatasi potensi masalah kerawanan pangan dengan menginisiasi program Gelang Kepang, Gerakan Penanggulangan Kerawanan Pangan. Seperti yang kita lakukan hari ini yaitu Gerakan Tanam Cabai," ujar Andriyanto. 

Gerakan Tanam Cabai merupakan tindak lanjut Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi. Juga sebagai tindaklanjut dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 500.1.7/339/Sj tanggal 17 Januari 2024 tentang Penguatan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah.

"Cabai, produk pertanian yang banyak mempengaruhi laju inflasi daerah. Karena itu kita perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kerawanan pasokan dan stabilitas harga. Nantinya, setiap kantor, baik Pemerintah maupun swasta hendaknya melaksanakan penanaman Cabai di lingkungan masing-masing," urainya.

Oleh sebab itu, Pj. Bupati Andriyanto menghimbau setiap warga untuk menanam cabai di pekarangan rumahnya, paling tidak 10 batang tanaman. Gerakan ini, dibutuhkan dukungan penuh dari seluruh komponen, baik pemerintah, Pemerintah Desa maupun masyarakat dan para pengusaha. (yan/s)

 

#kabupaten pasuruan