Minggu, 19 Mei 2024

Banyuwangi Gelar Hacking Day Competition

Diunggah pada : 26 November 2022 21:00:21 288
Gelaran Bnyuwangi Hacking Day Competition 2022 yang berlangsung Jumat-Sabtu (25-26/11/2022).

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar Hacking Day Competition 2022. Ajang yang digelar kali Ketiga tersebut, sebagai ajang untuk mengasah kemampuan anak muda dalam hal cyber security (keamanan siber) dan kepedulian akan ruang siber yang kondusif. 

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Banyuwangi, Budi Santoso, di sela kegiatan, Sabtu (26/11/2022) mengatakan, sebagai daerah yang terus berkembang secara digital, Banyuwangi membutuhkan peran masyarakat dalam menjaga kenyaman penggunaan ruang digital agar dapat dimanfaatkan untuk perkembangan daerah. 

Menurutnya, Banyuwangi selama ini terus berupaya menjaring dan mengasah kemampuan anak muda daerah yang memiliki ketertarikan dan kemampuan di bidang tersebut. Salah satunya, dengan menggelar Hacking Day Competition. 

“Ajang ini dimaksudkan sebagai wadah bagi mereka yang memiliki potensi di bidang cyber security sekaligus juga dalam rangka mengenalkan program Banyuwangi C-SIRT yang akan dilauncing pada tanggal 13 Desember 2022 oleh Badan Siber dan Sandi Negara yang akan menjadi pusat pengaduan insiden Cyber untuk wilayah Banyuwangi dan sekitarnya,” terang Budi. 

BSSN telah menetapkan instansi pusat dan daerah dalam program Computer Security Incident Respon Team (CSIRT) sebagai target rencana kerja pemerintah. CSIRT Kabupaten Banyuwangi diharapkan akan mampu merespon insiden kemanan siber yang terjadi secara cepat, efesien dan efektif, sehingga tidak mengganggu aksesibilitas publik dalam menggunakan layanan teknologi informasi.

Dijelaskan Budi, Hacking Day Competition 2022 ini berlangsung selama dua hari, yaitu 25-26 November 2022 dan dibagi dalam dua kategori. Pertama adalah lomba yang menguji kemampuan peretasan terhadap situs web yang disediakan. Kedua, lomba kreatifitas dalam membuat konten foto dan video digital tentang kesadaran keamanan informasi. 

Event yang sebenarnya sangat teknis ini, kata Budi, mendapat animo yang baik dari anak-anak muda Banyuwangi. Sebanyak 49 siswa SMA/SMK antusias mengikuti kompetisi hacking day ini, dan telah diseleksi ada 41 peserta lomba konten video dan foto yang memenuhi syarat penjurian. “Penjurian dilakukan bersama antara Dinas Kominfo Kabupaten Banyuwangi dan Komunitas Malang Hacker Link,” jelas Tri.

Dikatakannya, di era digital seperti sekarang ini ancaman siber di jagad maya ini makin besar. Maka, talenta cyber security sangat diperlukan untuk meningkatkan keamanan siber di daerah bahkan nasional. 

“Untuk kota selevel Banyuwangi Pemahaman tentang Ruang Siber yang aman perlu dibina, dan untuk hacking day dengan level penyelenggaranya pemerintah daerah, mungkin Banyuwangi masih satu satunya yang menyelenggarakan secara rutin setiap tahun,”’ katanya.

Hacking Day Competition 2022, telah dilaksanakan sejak tahun 2019, 2020, dan pada 2021 harus berhenti karena pandemi covid. 

“Ke depannya komitment Bupati Banyuwangi terhadap generasi muda yang semakin melek digital akan selalu dipelihara sebagai wujud “Digitalisasi dan masyarakat digital sebagai Rebound Centre baru.” terangnya. 

Sebagai informasi, di tahun 2023 Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia telah menyatakan berminat bekerjasama dengan Kabupaten Banyuwangi untuk menyelenggarakan kompetisi sejenis dengan level yang lebih tinggi/level komunitas hacker tanpa meninggalkan potensi potensi lokal.(sti)

#Banyuwangi